17 Makanan Penyebab Asam Urat. Wajib Tahu!


17 Makanan Penyebab Asam Urat. Wajib Tahu!

Asam urat bisa menyerang siapa saja di umur berapapun. Umumnya, gejala asam urat sangat terasa di bagian persendian, jika lebih parah akan terbentuk benjolan di area tersebut. Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya purin yang membentuk kristal di persendian. 

Penyebab asam urat dapat bermula dari genetik dan pengaruh kondisi medis lain. Namun, perlu Sahabat MIKA perhatikan juga jika makanan yang sehari-hari Anda konsumsi juga bisa menjadi penyebab asam urat. 

Yuk, cari tahu makanan penyebab asam urat apa saja yang membuatnya kambuh dan semakin parah!

 

Daftar makanan penyebab asam urat

Asam urat kambuh atau meninggi disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung purin berlebih. Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, konsumsi purin direkomendasikan kurang dari 400 mg/hari untuk mencegah asam urat. 

Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau sehat yang kaya zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Sayur bayam juga rendah kalori dan kaya serat, cocok untuk Sahabat MIKA yang sedang menjalani diet penurunan berat badan. Tapi, Sahabat MIKA perlu tahu bahwa sayuran hijau, termasuk bayam, memiliki kandungan purin yang tinggi. 

100 gram bayam mengandung 57 purin. Maka dari itu, porsi sayur bayam perlu diperhatikan ya!

Brokoli

Sayur brokoli tinggi kandungan vitamin C untuk daya tahan tubuh, vitamin K untuk pembentukan kolagen dan menguatkan tulang dan gigi. Lalu, brokoli juga kaya akan antioksidan sebagai inflamator dalam pencegahan kanker. Dalam 100 gram brokoli terdapat 81 mg purin. 

Kismis

Kismis adalah anggur kering manis yang sering disajikan untuk kue dan roti. Kismis mengandung potasium, zat besi, dan vitamin B yang tinggi. Kismis juga tinggi karbohidrat untuk pembentukkan energi. Namun, perlu diperhatikan jumlah konsumsi kismis ini bagi penderita asam urat. Pasalnya, 100 gram kismis mengandung 107 mg purin. 

Pisang

Buah pisang masuk ke dalam daftar makanan penyebab asam urat, karena mengandung 57 mg purin untuk berat 100 gram. Meskipun tinggi potasium yang juga sangat baik untuk menetralkan aliran darah dan tinggi serta, konsumsi buah pisang juga perlu diseimbangkan dengan buah lainnya untuk mencegah timbulnya asam urat. 

Kacang-kacangan

Segala makanan atau minuman yang terbuat dari kacang menyebabkan asam urat tinggi. Misalnya, tahu dan tempe sebagai makanan tradisional Indonesia, juga menjadi penyebab asam urat. Dalam segala jenis kacang-kacangan yang menjadi penyebab asam urat mengandung lebih dari 200 mg purin per 100 gram. 

Daging ayam

Banyak orang yang mengatakan jika daging merah mengandung purin yang lebih tinggi dibanding ayam. Nah, 100 gram daging ayam yang sering Sahabat MIKA konsumsi ternyata mengandung 170 mg purin, lho! Untuk itu, beri jeda untuk konsumsi daging ayam ya, meskipun ayam juga bergizi karena mengandung protein tinggi, vitamin B3, dan selenium yang baik untuk peredaran darah. 

Daging sapi

Daging sapi meskipun tinggi lemak, tetapi juga mengandung vitamin B6, zat besi, protein, selenium, dan zink. Bagi orang yang menderita asam urat, konsumsi daging merah harus dibatasi, karena dalam 100 gram daging sapi terdapat 133 mg purin. 

Salmon

Ikan salmon menjadi favorit banyak orang yang hobi kuliner jepang, biasanya tersaji dalam menu sushi atau sashimi. Kabar baiknya, salmon mengandung omega-3 sebagai lemak baik yang berfungsi untuk kesehatan otak dan jantung. Sayangnya, 100 gram ikan salmon mengandung 170 mg purin. Wah, cukup tinggi juga, ya? 

Daging babi

Sahabat MIKA wajib tahu, jika daging babi bila dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan asam urat meninggi. Pasalnya, dalam 100 gram daging babi terdapat 166 mg purin. 

Udang

Konsumsi udang yang berlebih ternyata berdampak pada asam urat juga, lho! Dalam 100 gram udang mengandung 147 mg purin. Meskipun udang juga mengandung gizi baik, seperti asam amino.

Daging bebek

Tahu nggak, jika daging bebek juga mengandung purin yang tinggi dan menjadi makanan penyebab asam urat? 

Nah, kandungan purin dalam 100 gram daging bebek sebanyak 138 mg. Untuk itu, Sahabat MIKA harus sadar untuk membatasi asupan daging bebek meskipun daging bebek juga memiliki kandungan dan mineral baik untuk tubuh. 

Kerang 

Kerang memiliki 136 mg purin per 100 gram, yang artinya dapat berdampak pada asam urat jika memang dikonsumsi berlebihan. Meskipun kerang juga kaya akan vitamin B12 yang berfungsi untuk mencegah anemia, lelah, hingga depresi. 

Tiram

Tiram atau oyster yang cukup disenangi banyak orang juga mengandung purin yang tinggi, sehingga bisa jadi makanan penyebab asam urat jika konsumsinya tidak dikontrol. Dengan kandungan baik di dalamnya, seperti zink, selenium, dan zat besi, tiram atau oyster dalam 100 gram mengandung 90 mg purin. Apalagi oyster bentuknya kecil, sehingga sulit untuk dikontrol konsumsinya. Ingat, dalam sehari konsumsi makanan yang mengandung purin maksimal 400 mg. 

Jamur 

Sayuran jamur memiliki kandungan purin sebanyak 58 gram per 100 gram. Faktanya, jamur merupakan sayuran yang kaya kandungan gizi, seperti beta-glukan, selenium, dan vitamin D. Jamur juga dapat mengganti protein hewani dengan kalori yang lebih rendah. 

Alkohol

Minuman beralkohol seperti beer dan wine berisiko tinggi menyebabkan asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi alkohol menderita asam urat, sehingga saat pemulihan dan penyembuhan, mereka harus membatasi dan menghindari alkohol. 

Minuman dalam kemasan

Minuman manis dalam kemasan seperti energy drink, soda, atau minuman dalam kemasan botol dan kaleng mengandung gula yang tinggi. Hasil penelitian mengatakan bahwa ada hubungan antara minuman tinggi gula dengan asam urat dan hiperurisemia. 

Makanan siap saji

Selain minuman berpengawet, makanan cepat saji juga menjadi penyebab asam urat. Apabila Sahabat MIKA sering mengonsumsi fast food, makanan kaleng, segera dikurangi sebelum asam urat akan mengintai pada tubuhmu. 

 

Penyebab asam urat umumnya dari makanan, yuk konsultasikan ke dokter gizi klinik!

Sahabat MIKA, asam urat dapat terjadi di kalangan usia, khususnya anak muda yang kerap tidak memperhatikan asupan makanan dan takarannya. Asam urat disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi, dan makanan tersebut mengandung tinggi purin. 

Bagi Sahabat MIKA yang ingin terhindar dari asam urat, Anda dapat konsultasi dengan Dokter Gizi Klinik Mitra Keluarga untuk mendapatkan meal plan saat diet makanan tinggi purin. 

Buat janji temu dengan Dokter Gizi Klinik Mitra Keluarga melalui website yang lebih mudah, atau melalui MIKA Mobile Apps yang tersedia di smartphone Android atau iOS Anda. 

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال