Miliki Karang Gigi yang Mengeras? Ini 7 Cara Alami untuk Membersihkannya

Miliki Karang Gigi yang Mengeras? Ini 7 Cara Alami untuk Membersihkannya
Cara alami membersihkan karang gigi. (Foto: Freepik.com)

BANYAK orang yang masih takut untuk memeriksakan giginya ke dokter ketika tidak mengalami keluhan atau rasa sakit. Padahal perlu dilakukan pemeriksaan sekaligus pembersihan karang gigi untuk mengatasi kondisi ini.

Namun, banyak orang yang mulai mencari cara menghilangkan karang gigi yang telah mengeras secara alami. Padahal sebetulnya pembersihan karang gigi atau scaling ke dokter tidak lah menakutkan. Namun jika Anda tetap ingin melakukannya di rumah, ada beberapa cara termudah untuk menghilangkan karang gigi. Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/1/2023) berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan karang gigi.

1. Menyikat gigi 
Salah satu cara termudah menghilangkan karang gigi secara alami adalah menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Anda harus menggunakan sikat gigi lembut yang Anda ganti setidaknya setiap tiga sampai empat bulan, saat bulunya mulai rontok.

2. Floss
Sebelum Anda menyikat gigi, Anda bisa melakukan floss dengan benang khusus untuk mengendurkan sisa makanan sehingga Anda bisa menyikatnya dengan maksimal.
Gosok benang ke atas dan ke bawah dengan lembut, terus tekan ke gigi Anda. Berhati-hatilah untuk tidak menyentak atau mematahkan benang.Ulangi proses ini untuk semua gigi Anda, berhati-hatilah dengan benang di belakang gigi belakang Anda juga.

3. Kumur Minyak
Anda bisa memakai minyak kelapa atau minyak zaitun di sekitar mulut Anda dapat memperkuat gigi, mencegah kerusakan gigi, menenangkan gusi yang sakit, dan menghilangkan karang gigi atau plak.

Anda bisa berkumur sekitar satu sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun di sekitar mulut Anda selama 20 hingga 30 menit (lebih lama dari yang Anda lakukan dengan obat kumur biasa). Minyak kelapa diyakini sangat bermanfaat karena mengandung asam lemak seperti asam laurat, zat dengan efek antiinflamasi dan antimikroba.

4. Baking Soda
Peneliti telah menemukan bahwa orang yang menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung baking soda menghilangkan lebih banyak plak dan memiliki lebih sedikit plak yang tumbuh kembali selama 24 jam dibandingkan orang yang menyikat gigi dengan pasta gigi yang tidak mengandung soda kue.
Soda kue efektif menghilangkan karang karena merupakan pembersih alami dan bersifat abrasif, artinya baik untuk digosok.

5. Kunyah permen karet tanpa gula
Jika Anda tidak bisa menyikat segera setelah makan atau minum, kunyahlah permen karet bebas gula.

6. Flosser air
Alat ini menggunakan tekanan air untuk mengeluarkan makanan dan plak yang mungkin tidak terjangkau oleh benang. Menggunakan flosser air bersama dengan sikat gigi manual 29% lebih efektif dalam menghilangkan karang gigi daripada menggunakan benang benang dan sikat gigi manual. Namun, itu tidak menggantikan flossing benang yang harus tetap digunakan sebagai tambahan.

7. Kulit Jeruk
Jeruk menjadi salah satu buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Sebelum Anda menggunakan kulit jeruk, bersihkan dulu kulit jeruknya. Lalu gosokkan langsung pada gigi. Gosok sampai rata. Jangan langsung berkumur, biarkan semalaman, besoknya Anda boleh berkumur di malam hari.

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال