Rokemendasi Makanan Penderita Tipes Agar Cepat Pulih

Rokemendasi Makanan Penderita Tipes Agar Cepat Pulih


Tipes menjadi salah satu penyakit umum yang paling sering terjadi. Penyakit ini biasanya menyerang seseorang ketika daya tahan tubuhnya sudah mulai menurun. Dalam istilah medis, tipes dikenal dengan istilah demam tifoid.

Tipes adalah penyakit saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Penyakit ini juga bisa dipicu oleh konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri. Oleh karena itu, penderita tipes biasanya disarankan untuk tidak boleh mengonsumsi makanan sembarangan.

Selama menjalani pemulihan, selain minum obat yang diberikan oleh dokter, penderita tipes harus mengatur makanan atau minuman apa saja yang akan dikonsumsi. Karena ada beberapa makanan yang harus dihindari penderita tipes selama proses pemulihan. Hal ini bertujuan agar proses penyembuhan bisa berlangsung lebih cepat.

Lantas apa saja makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita tipes agar cepat sembuh?

Rekomendasi Makanan untuk Penderita Tipes Agar Cepat Sembuh

Sama seperti penyakit lainnya, penderita tipes hanya boleh mengonsumsi jenis makanan tertentu. Hal ini berguna untuk mempercepat proses penyembuhan. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi penderita tipes.

1. Bubur

Bubur menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk penderita tipes. Karena bubur memiliki tekstur yang halus dan mudah dicerna.

Dengan begitu, sistem kerja pencernaan terutama usus menjadi lebih ringan. Kamu bisa menyantap bubur dengan kaldu ayam, kecap manis, kacang atau sedikit ayam rebus untuk menambah selera makan.

2. Mashed potato

Selain bubur, makanan halus lainnya yang disarankan untuk penderita tipes adalah mashed potato. Makanan ini mengandung nutrisi yang meliputi karbohidrat dan protein. Sehingga, makanan ini menjadi efektif untuk mengoptimalkan proses penyembuhan penyakit tipes.

Selain itu, zat-zat yang terkandung di dalam kentang dapat memberikan asupan energi bagi tubuh, serta melindungi sistem pencernaan dari infeksi lebih lanjut.

3. Roti

Roti menjadi makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi oleh penderita tipes. Roti mengandung kalori yang cukup tinggi dan bisa memberikan energi bagi tubuh. Selain itu, makanan ini juga dapat menjaga berat badan tidak menurun secara drastis selama tipes.

4. Campuran oralit dan pisang

Oralit juga dikenal ampuh untuk mengobati penyakit tipes. Bahan ini terbuat dari gula, garam dan air yang pastinya mudah dibuat sendiri di rumah. Oralit bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dan mencegah dehidrasi.

Agar lebih nikmat untuk dikonsumsi, kamu bisa tambahkan buah pisang. Karena kandungan pektin atau serat larut dalam buah ini dapat menyerap cairan di usus.

Jika ingin lekas pulih, kamu bisa konsumsi pisang dengan oralit sebanyak 2 sampai 3 buah setiap harinya. Sehingga, kandungan di dalamnya olahan tersebut dapat menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare dan demam.

5. Ikan

Penderita tipes juga harus memperbanyak makanan yang mengandung protein. Protein termasuk salah satu zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan tubuh manusia. Salah satu makanan yang mengandung protein adalah ikan. Ikan mengandung protein hewani yang mudah dicerna dan mampu mendongkrak energi.

Kamu bisa konsumsi ikan laut seperti salmon, tuna atau makarel yang kaya akan asam lemak omega 3. Ikan-ikan ini dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga sangat berpengaruh terhadap pemulihan kesehatan penderita tipes.

6. Telur

Telur juga termasuk makanan yang menjadi sumber protein. Sehingga, makanan ini pun bisa menjadi daftar menu untuk orang-orang yang terserang penyakit tipes.

Selain itu, telur juga mengandung asam lemak, amino esensial, kalsium, hingga zat besi yang dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit tipes.

7. Cuka apel dan bawang putih

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan tipes adalah cuka apel. Cuka apel mengandung asam yang dapat membantu mengeluarkan panas tubuh dan menurunkan suhu tubuh. Selain itu, cuka apel juga mengandung mineral yang dapat menggantikan hilangnya mineral akibat diare.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi cuka apel. Pertama, langsung diminum bersamaan dengan segelas air dan madu. Atau bisa juga dengan campuran bawang putih serta susu. Kamu bisa rebus bahan-bahan ini secara bersamaan dan minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

Kandungan pada bawang putih juga bermanfaat untuk membilas racun berbahaya yang berada di dalam tubuh. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh pun menjadi meningkat, dan proses pemulihan penyakit tipes bisa lebih cepat.

8. Dada ayam

Daging ayam, terutama bagian dada memiliki kandungan lemak lebih rendah dan seratnya lebih halus. Hal ini yang membuat daging ayam cocok dikonsumsi oleh penderita tipes dibanding daging sapi.

Satu porsi dada ayam mengandung protein sekitar 25 gram, kalori 170 Kkal dan zat besi yang mampu mencukupi 4 persen dari nilai harian zat besi yang direkomendasikan. Sehingga, ada baiknya jika kamu mengonsumsi makanan ini ketika terserang penyakit tipes.

9. Puding

Makanan lembut lainnya yang bisa dikonsumsi penderita tipes adalah puding. Teksturnya yang lembut membuat makanan ini mudah dicerna oleh tubuh.

Puding juga mengandung glukosa yang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Kamu pun bisa mengonsumsi puding bersamaan dengan fla susu atau buah-buahan agar lebih berselera saat memakannya.

10. Buah alpukat

Buah alpukat memiliki banyak kandungan yang cocok dikonsumsi oleh penderita tipes. Mulai dari kandungan serat, antioksidan, vitamin hingga lemak.

Tidak heran jika buah alpukat sering direkomendasikan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk tipes.

11. Makanan yang mengandung banyak air

Umumnya, penderita tipes juga akan mengalami gangguan pencernaan. Sehingga, tubuh akan mengalami kekurangan cairan akibat terserang diare. Oleh karena itu, jangan sampai tubuh kamu mengalami dehidrasi parah ketika terserang tipes.

Untuk mengembalikan cairan di dalam tubuh, perbanyak konsumsi makan yang mengandung banyak air. Misalnya, tomat, timun, belimbing, semangka, selada, paprika, strawberry dan masih banyak lagi makanan-makanan lainnya.

Selain mengandung banyak air, makanan-makanan tersebut mengandung banyak nutrisi yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Namun, pastikan pengolahan dan pembersihan makan tersebut telah dilakukan dengan benar ya!

12. Sayur bayam

Selain buah, sayur juga menjadi makanan yang tidak boleh dilewatkan penderita tipes. Salah satu jenis sayuran yang bisa dikonsumsi adalah bayam.

Sayur ini mengandung sejumlah zat penting seperti zat besi, asam folat hingga vitamin C yang dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit tipes. Selain itu, zat-zat tersebut juga dapat melancarkan aliran darah di dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

13. Air kelapa muda

Air kepala muda juga dapat membantumu terhindar dari dehidrasi saat terkena penyakit tipes. Air kelapa muda mengandung elektrolit yang dapat mengatasi dehidrasi.

Selain itu, air kelapa muda juga memiliki banyak nutrisi yang dapat memberikan energi bagi tubuh. Kamu juga bisa mencampurkan air kelapa muda dengan sirup atau gula merah saat mengonsumsinya.

Selain memperhatikan tekstur dan kandungan makanan, ada baiknya penderita tipes mengonsumsi makanan rebus. Hindari makanan yang digoreng karena akan sulit dicerna oleh seseorang yang terkena penyakit tipes.

Karena makanan-makanan dengan tekstur lembut dan direbus dapat menghindarkan usus dari komplikasi pendarahan serta munculnya lubang pada dinding usus.

Itu tadi beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita penyakit tipes. Agar proses penyembuhan berjalan maksimal, kamu juga bisa lakukan konsultasi dengan dokter menggunakan Okadoc ya!

Kamu bisa buat janji bertemu dokter langsung atau konsultasi virtual lewat video call untuk berbagai masalah kesehatan lho! Yuk download aplikasi Okadoc sekarang juga di Play Store dan App Store.

konsultasi virtual

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال