10 Alat Kesehatan dan Fungsi

10 Alat Kesehatan dan Fungsi



Alat kesehatan adalah perangkat atau instrumen yang digunakan dalam pengobatan, diagnosa, dan perawatan pasien. Berikut adalah beberapa contoh alat kesehatan dan fungsi masing-masing:

  1. Stetoskop: Alat ini digunakan untuk mendengarkan suara di dalam tubuh manusia, seperti suara jantung, paru-paru, dan perut.

  2. Sphygmomanometer: Alat ini digunakan untuk mengukur tekanan darah seseorang.

  3. EKG (Elektrokardiogram): Alat ini digunakan untuk merekam aktivitas listrik di dalam jantung dan mendeteksi gangguan irama jantung.

  4. Thermometer: Alat ini digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia.

  5. Infus pump: Alat ini digunakan untuk mengatur laju pemberian obat atau cairan melalui infus ke dalam tubuh.

  6. CT scan: Alat ini menggunakan sinar-X untuk mengambil gambar dari bagian dalam tubuh manusia dan membantu dokter dalam mendiagnosis berbagai kondisi medis.

  7. MRI (Magnetic Resonance Imaging): Alat ini menggunakan medan magnet dan gelombang radio untuk mengambil gambar dari organ dan jaringan tubuh manusia dan membantu dokter dalam mendiagnosis berbagai kondisi medis.

  8. Monitor Pasien: Alat ini digunakan untuk memonitor tanda-tanda vital pasien, seperti tekanan darah, detak jantung, dan oksigen dalam darah.

  9. Autoclave: Alat ini digunakan untuk mengsterilkan alat-alat kesehatan, seperti jarum, gunting, dan instrumen bedah.

  10. Defibrilator: Alat ini digunakan untuk memberikan sinyal listrik ke jantung pada saat terjadi serangan jantung atau kondisi serius lainnya untuk memulihkan irama normal jantung.

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال