7 Cara Cepat Mengatasi Telinga Kemasukan Air, Tak Perlu Panik dan Buru-buru ke Dokter

7 Cara Cepat Mengatasi Telinga Kemasukan Air, Tak Perlu Panik dan Buru-buru ke Dokter

- Pernahkah kamu mengalami telinga kemasukan air?

Kondisi seperti ini tentunya sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Telinga kemasukan air bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti berenang hingga saat mandi dan juga keramas.
Walaupun begitu air yang masuk ke dalam telinga bisa keluar dengan sendirinya, kok.

Tetapi jika dalam kondisi tertentu dan mendesak, kamu bisa melakukan beberapa cara yang mudah dan tentunya aman. Bahkan, kamu bisa memanfaatkan salah satu alat pengering rambut atau hair dryer untuk mengatasi hal ini.

Berikut BIDAN KITA akan memberikan tujuh cara mengatasi telinga kemasukan air yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Berbaring Menyamping

Berbaring dengan posisi menyamping dapat menjadi salah satu cara mengatasi telinga yang kemasukan air. Cara mengatasi telinga kemasukan air yang pertama adalah berbaring menyamping. Jika kamu melakukan cara ini, gravitasi akan membantu air keluar dari telingamu. Kamu hanya perlu berbaring miring dengan telinga yang kemasukan air berada di bawah selama beberapa menit. Setelah itu, air akan keluar dengan perlahan.
Kamu juga bisa menaruh handuk di bawah telinga untuk menyerap air.

2. Menggunakan Hair Dryer

Hair dryer bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi telinga yang kemasukan air. (tribunnews.com)
Cara mengatasi telinga kemasukan air berikutnya adalah menggunakan hair dryer. Siapa sangka, alat penata rambut satu ini bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi telinga yang kemasukan air. Untuk caranya cukup mudah, gunakanlah pengering rambut pada telinga dengan jarak 30 sentimeter sambil menggerak-gerakkan kepala. Penting diperhatikan untuk memasang suhu yang paling rendah agar tidak mencederai kulit telingamu.

3. Mengompres Telinga Menggunakan Air Hangat

Cara mengatasi telinga kemasukan air berikutnya yaitu dengan mengompres menggunakan air hangat.
Sering kali air yang terperangkap di dalam telinga sulit keluar akibat banyaknya kotoran telinga yang menghalangi. Nah, kamu dapat menggunakan cara ini untuk mengatasinya. Letakkan handuk yang telah direndam air hangat di telinga selama 30 detik, lalu lepas handuk sebentar. Setelah itu ulangi cara ini sebanyak 4-5 kali.

4. Menguap atau Mengunyah

Menguap bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi telinga yang kemasukan air. Cara mengatasi telinga kemasukan air berikutnya adalah menguap atau mengunyah. Air yang terperangkap dapat juga masuk ke telinga bagian tengah. Nah, agar membantunya keluar, kamu hanya perlu menggoyangkan mulut agar saluran telinga terbuka dan air bisa keluar. Agar lebih gampang, kamu dapat mengunyah permen atau coba menguap agar saluran telinga terbuka.

5. Menggunakan Uap Hangat

Cara mengatasi telinga kemasukan air selanjutnya yang bisa kamu coba adalah menggunakan uap air hangat.
Sebab, uap hangat bisa membantu mengeluarkan air dari telinga tengah melalui tuba eustachian. Nah, kamu bisa mencoba mandi dengan air hangat atau mini sauna dengan cara menuangkan air hangat di mangkok.
Lakukan cara ini selama kurang lebih 5-10 menit, kemudian miringkan kepalamu untuk mengeluarkan air.

6. Melakukan Cupping Method

Cara mengatasi telinga kemasukan air berikutnya adalah dengan melakukan cupping method. Untuk melakukan cara ini cukup mudah, kok. Kamu hanya perlu miringkan kepala ke samping, lalu tutup telinga yang kemasukan air dengan telapak tangan.
Dengan begitu, air pun dapat tertarik keluar.

7. Menggunakan Cuka dan Alkohol

Cara mengatasi telinga kemasukan air yang terakhir yaitu menggunakan cuka dan alkohol. Kamu hanya perlu membuat tetes telinga dengan campuran alkohol dan cuka.
Sebab, alkohol ini dapat membantu menguapkan air dan menghambat pertumbuhan bakteri. Sedangkan cuka bisa melunakkan kotoran telinga. Campurkan alkohol dan cuka dengan perbandingan yang sama. Setelah itu, dengan alat tetes yang steril, masukkan 3-4 tetes larutan ke dalam telinga dan tunggu selama 30 detik. Jika sudah, miringkan kepala ke samping agar air dapat keluar.
Perlu diperhatikan, kalau kamu menderita infeksi telinga bagian luar atau memiliki gendang telinga yang pecah, tetes alkohol dan cuka ini tidak direkomendasikan. Itulah tujuh cara mengatasi telinga yang kemasukan air dengan aman. Jika air yang terperangkap dalam telinga tidak kunjung reda, kamu perlu melakukan pemeriksaan ke dokter THT, ya.

Tentunya dokter akan memberikan tindakan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال