Cara Mudah Buat Panjang Umur, Hindari Konsumsi 8 Hidangan Ini

Cara Mudah Buat Panjang Umur, Hindari Konsumsi 8 Hidangan Ini


Foto: Freepik/jcomp

Memiliki umur panjang yang sehat dan bahagia merupakan impian banyak orang. Tidak heran, jika harapan satu ini kerap menjadi doa setiap seseorang berulang tahun. Lantas, bagaimana cara mewujudkan panjang umur?

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisa panjang umur. Satu hal yang paling krusial adalah menjaga pola makan. Dengan menjaga pola makan, tubuh akan memiliki banyak nutrisi sehat yang membuatmu tidak hanya panjang umur tapi juga bugar dan awet muda.
Cara paling mudah untuk menjaga pola makan adalah dengan menghindari konsumsi hidangan-hidangan tertentu. Adapun makanan dan minuman yang wajib dihindari jika ingin panjang umur adalah sebagai berikut:

1. Aneka Daging Olahan

Aneka Daging Olahan/ Foto: Freepik/Racool_studio

Daging segar memang memiliki protein yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Namun, lain halnya dengan daging olahan. Biasanya, daging ini aka nada di olahan sosis, hoy dog, hamburger hingga daging asap. Daging yang sudah diolah ini sudah tidak sama kandungan nutrisinya dengan yang minim pengolahan.

Menurut Klik Dokter, daging olahan biasanya mengandung kandungan garam yang tinggi. Kandungan inilah yang memicu kenaikan kolesterol hingga penyakit jantung dan pembuluh darah seperti stroke atau hipertensi.
Karena itulah, mulai hindari makanan yang mengandung aneka daging olahan jika ingin panjang umur. Sebagai gantinya, kamu bisa mengolah daging sendiri dirumah karena lebih terjamin kesehatannya.

2. Gorengan

Gorengan/ Foto: Freepik/jcomp
Hidangan selanjutnya yang sebaiknya dihindari adalah gorengan. Disebut gorengan apabila makanan tersebut telah melalui proses deep fry (metode memasak merendam dengan minyak panas). Proses penggorengan dengan suhu tinggi inilah yang membuat makanan mengandung lemak trans.
Terlalu banyak mengonsumsi lemak trans dapat meningkatkan risiko stroke hingga serangan jantung. Selanjutnya, gorengan yang renyah biasanya juga dibumbui dengan MSG. Nah, MSG inilah yang dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Pada dasarnya, makan satu potong gorengan memang tidak langsung membuatmu terserang penyakit tersebut. Hanya saja, dengan membatasi konsumsi, kamu bisa meningkatkan taraf kesehatanmu.

3. Kue-Kue Manis

Kue-Kue Manis/ Foto: Freepik/prostooleh
Makan makanan yang manis memang meningkatkan mood bagi sebagian orang. Namun, konsumsi yang terlalu banyak juga bisa berbahaya untuk jantung dan otak, lho Beauties! Kandungan tinggi gula pada kue-kue manis ini dapat menjadi penyebab utama terjadinya penyakit kronis mulai dari diabetes, stroke hingga serangan jantung.

Sebagai alternatif bagi kamu yang suka makanan manis, buah-buahan adalah pilihan terbaik. Selain sudah memiliki rasa manis alami, buah juga kaya kandungan vitamin yang bagus untuk kesehatan.

4. Jeroan

Jeroan/ Foto: Freepik/timolina
Makanan lain yang sebaiknya dihindari tentu saja jeroan. Tidak terbatas hanya hati, jeroan juga bisa meliputi kikil, otak, paru-paru, limpa, usus dan babat. Meskipun rasanya sangat enak, namun konsumsi jeroan bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut mengandung kolesterol yang tinggi.

5. Teh

Foto: Freepik/jannoon028
Setelah makanan, ternyata juga ada minuman yang wajib dihindari jika kamu ingin panjang umur. Salah satunya adalah teh. Pada dasarnya, teh mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel tubuh. Sayangnya, fungsi baik teh ini akan sia-sia jika dikonsumsi bersama dengan tambahan gula.
Asupan gula yang berlebihan ini dapat berpotensi merusak metabolisme tubuh. Alhasil, berat badan pun akan lebih mudah mengalami obesitas. Seperti diketahui, dalam keadaan obesitas, tubuh akan lebih mudah untuk terserang berbagai penyakit.
Agar manfaat teh bisa maksimal didapatkan oleh tubuh, ada baiknya Beauties mengonsumsinya tanpa gula tambahan. Jika tidak suka dengan cita rasa tanpa gula, kamu juga bisa menambahkan aneka buah-buahan ke dalam teh untuk memperkaya cita rasa tanpa mengurangi khasiatnya.

6. Kopi

Kopi/ Foto: Freepik/mdjaff
Minuman selanjutnya adalah kopi. Dilansir dari DetikFood, sebenarnya konsumsi kopi ini dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan. Namun, sama seperti nasib teh, khasiat ini tidak akan didapatkan jika menambahkannya dengan krimmer.

Karena itulah, jika memang ingin konsumsi kopi, ada baiknya untuk tidak menambahkan krimmer. Cukup konsumsi kopi murni maka khasiatnya akan maksimal didapatkan oleh tubuh.

7. Soda

8
Soda/ Foto: Freepik/rawpixel.com
Minuman soda biasanya dibuat dengan pemanis buatan. Hal ini tentu saja membuat minuman favorit anak muda ini sebaiknya dihindari. Sering konsumse soda dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes. Kamu tentu tidak maukan didiagnosis diabetes di usia muda?
Kalau tidak mau, maka ayo mulai kurangi minuman bersoda. Dilansir dari CNBC, sebagai gantinya, kamu bisa mengganti minuman bersoda dengan konsumsi teh hijau.

8. Minuman Berenergi

Minuman Berenergi/ Foto: Freepik/freepik
Minuman berenergi biasanya kerap dikonsumsi demi memberikan tambahan tenaga disaat tengah kelelahan. Jika kamu memiliki kebiasaan ini, ada baiknya untuk berhenti. Pasalnya, minuman berenergi ini mengandung gula yang sangat tinggi. Jika terlalu sering dikonsumsi, tentu saja risiko terserang diabetes semakin tinggi.
Sebagai gantinya, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi air putih. Tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, konsumsi air putih yang cukup bisa membuat kulitmu lebih terhidrasi sehingga terlihat awet muda.
Pada akhirnya, panjang umur bisa didapatkan dengan menjaga pola makan dan menghindari hidangan-hidangan tertentu. Meski demikian, kamu juga harus membarenginya dengan pola hidup sehat lain seperti tidak merokok dan konsumsi alkohol, olahraga teratur serta istirahat yang cukup.
***



Easy Way to Live Long, Avoid Consuming These 8 Dishes

Photo: Freepik/jcomp

Having a long healthy and happy life is the dream of many people. It's not surprising that this wish often becomes a prayer every time someone has a birthday. So, how do you achieve longevity? 

Basically, there are many ways you can do to live a long life. One of the most crucial things is maintaining your diet. By maintaining your diet, your body will have lots of healthy nutrients that will make you not only live long but also fit and stay young. 
The easiest way to maintain your diet is to avoid consuming certain dishes. The foods and drinks that must be avoided if you want to live a long life are as follows:

Various Processed Meats



Various Processed Meats/ Photo: Freepik/Racool_studio

Fresh meat does have good protein to meet daily nutritional needs. However, the case is different with processed meat. Usually, this meat is used in processed sausages, hoy dogs, hamburgers and even smoked meat. Meat that has been processed does not have the same nutritional content as that which has minimal processing. 

According to Klik Dokter, processed meat usually contains high salt content. This content triggers an increase in cholesterol and even heart and blood vessel diseases such as stroke or hypertension. 
For this reason, start avoiding foods that contain various processed meats if you want to live a long life. Instead, you can process your own meat at home because its health is guaranteed. 

Fried food



Fried food/ Photo: Freepik/jcomp
The next dish that should be avoided is fried food. It is called fried food if the food has gone through the deep fry process (a cooking method of immersing it in hot oil). This high temperature frying process makes food contain trans fats. 
Consuming too much trans fat can increase the risk of stroke and heart attack. Furthermore, crispy fried foods are usually seasoned with MSG. Well, MSG can increase the risk of hypertension. 

Basically, eating one piece of fried food does not immediately cause you to get the disease. However, by limiting consumption, you can improve your health level. 

Sweet Cakes



Sweet Cakes/ Photo: Freepik/prostooleh
Eating sweet foods does improve mood for some people. However, consuming too much can also be dangerous for the heart and brain, you know, Beauties! The high sugar content in these sweet cakes can be the main cause of chronic diseases ranging from diabetes, stroke to heart attack. 

As an alternative for those of you who like sweet foods, fruit is the best choice. Apart from having a natural sweet taste, fruit is also rich in vitamins which are good for health. 

Innards



Offal/ Photo: Freepik/timolina
Other foods that should be avoided are of course offal. Not limited to just liver, offal can also include kikil, brain, lungs, spleen, intestines and tripe. Even though it tastes very delicious, consuming offal can increase the risk of heart attack and stroke. This is because these foods contain high cholesterol. 

Tea



Photo: Freepik/jannoon028
After food, it turns out there are also drinks that must be avoided if you want to live long. One of them is tea. Basically, tea contains antioxidant compounds which function to protect body cells. Unfortunately, the good function of this tea will be wasted if consumed with added sugar. 
Excessive sugar intake can potentially damage the body's metabolism. As a result, it will be easier for your body weight to become obese. As is known, when you are obese, your body will be more susceptible to various diseases. 
So that the body can get the maximum benefits from tea, it's a good idea for beauties to consume it without added sugar. If you don't like the taste without sugar, you can also add various fruits to the tea to enrich the taste without reducing its benefits. 

Coffee



Coffee/ Photo: Freepik/mdjaff
The next drink is coffee. Reporting from DetikFood, actually consuming coffee can have a good impact on health. However, just like tea, you won't get these benefits if you add creamer to it. 

For this reason, if you really want to consume coffee, it's better not to add creamer. Just consume pure coffee and the body will get maximum benefits. 

Soda



Soda/ Photo: Freepik/rawpixel.com
Soda drinks are usually made with artificial sweeteners. This of course means that this young people's favorite drink should be avoided. Frequent consumption of soda can increase the risk of diabetes. You certainly don't want to be diagnosed with diabetes at a young age? 
If you don't want it, then let's start reducing fizzy drinks. Reporting from CNBC, instead, you can replace soft drinks with green tea. 

Energy drink



Energy Drinks/ Photo: Freepik/freepik
Energy drinks are usually consumed to provide additional energy when you are tired. If you have this habit, it's a good idea to stop. The reason is, this energy drink contains very high sugar. If consumed too often, of course the risk of developing diabetes increases. 
Instead, you can replace it by drinking water. Not only is it able to meet your body's fluid needs, consuming enough water can make your skin more hydrated so it looks youthful. 
In the end, longevity can be achieved by maintaining diet and avoiding certain dishes. However, you also have to combine it with other healthy lifestyle patterns such as not smoking and consuming alcohol, regular exercise and adequate rest. 
***

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال