7 Ciri-ciri Asam Urat (Gout Arthritis), Bukan Hanya di Kaki


7 Ciri-ciri Asam Urat (Gout Arthritis), Bukan Hanya di Kaki



Sahabat BIDAN KITA, keluarga atau rekan terdekat Anda memiliki keluhan nyeri di sekitar kaki dan lutut? Nah, umumnya nyeri pada sendi di bagian kaki menjadi ciri-ciri asam urat. 

Lalu, apa itu penyakit asam urat? Yuk, baca selengkapnya di artikel berikut ini!

Apa itu asam urat?

Asam urat atau gout arthritis adalah peradangan atau nyeri pada sendi (Arthritis) yang disebabkan adanya penumpukan kristal. Kristal tersebut adalah monosodium urate yang mengendap di sekitar sendi, sehingga timbul rasa sakit. Ini terjadi karena tingginya kadar asam urat dalam darah (Hiperurisemia). 

Kadar asam urat yang tinggi berasal dari purin. Purin bisa didapat dari makanan atau minuman yang sering dikonsumsi. Makanan atau minuman dengan tinggi purin antara lain seperti alkohol, daging domba,  bacon, jeroan, daging merah, serta ikan dan makanan laut lainnya seperti udang, ikan sarden, lobster.

Selain makanan, faktor lain yang membuat Anda terkena asam urat adalah genetik dan komplikasi akibat penyakit lain, seperti diabetes dan batu ginjal yang disebabkan tingginya kadar asam urat.

7 ciri-ciri asam urat yang jarang disadari

Banyak orang yang tidak menyadari gejala asam urat karena sulit untuk dideteksi apabila tidak ada pemeriksaan dari dokter sebelumnya. 

Sebelum bertambah parah, yuk ketahui ciri-ciri asam urat yang mungkin dapat Anda rasakan. 

1. Rasa nyeri di jempol kaki

Asam urat umumnya menimbulkan gejala rasa sakit di dekat jempol kaki. Penyebabnya sangatlah tidak jelas, bisa jadi dari makanan yang dikonsumsi, penyakit bawaan, atau metabolisme yang tidak seimbang. 

Asam urat cukup sensitif terhadap perubahan suhu. Inilah alasan mengapa kristal asam urat yang tidak dapat dipecah dan menumpuk itu berkumpul di jempol kaki, karena suhu yang dingin dan jauh dari jantung. Kristal tersebut mengendap dan membengkak seiring waktu tanpa Anda sadari. 

READ MORE

2. Nyeri pada pergelangan tangan dan kaki, lutut, serta siku

Ilustrasi asam urat (Gout arthritis) pada lutut.

Selain jempol kaki menjadi tempat bermuara asam urat, pembengkakan dan rasa nyeri dapat terjadi di sekitar pergelangan tangan dan kaki, lutut, serta siku. Perlu diketahui bahwa asam urat dapat menyerang pada sekitar sendi. 

Nyeri sendi karena asam urat umumnya terjadi di sekitar lutut, namun tidak menutup kemungkinan untuk menyebar di persendian lainnya. Gejala nyeri bisa hampir serupa dengan rheumatoid arthritis (RA). 

Untuk mengetahui apakah hanya nyeri sendi biasa, atau gejala asam urat, periksakan ke dokter ya!

3. Terasa sakit dan nyeri pada malam hari

Salah satu ciri asam urat yang perlu Sahabat MIKA sadari adalah rasa nyeri di malam hari. Terdapat beragam faktor yang membuat kaki atau pergelangan tangan Anda sakit:

a. Perubahan suhu yang lebih rendah pada malam hari, sehingga mendorong asam urat untuk membentuk kristal yang menimbulkan rasa sakit. 

b. Faktor karbon dioksida yang tidak dikeluarkan secara ekstra selama tidur dapat meningkatkan tingkat keasaman darah. Alhasil memicu produksi asam urat. 

c. Faktor sleep apnea yang diderita oleh Anda. Menurut Arthritis Research and Therapy, penderita sleep apnea berpotensi 1,86 kali untuk memiliki asam urat. Namun, bisa didukung oleh faktor lain, seperti usia yang lebih tua, jenis kelamin laki-laki, indeks masa tubuh (BMI) memasuki level obesitas. 

4. Nyeri tiba-tiba, datang dan pergi kapan saja

Di samping rasa nyeri yang sering terjadi di malam hari, asam urat membuat Anda menjadi terganggu saat tidur malam. Anda sering terbangun dengan rasa sakit yang hebat. Kemudian, Anda tidak bisa merasakan rasa nyeri asam urat dalam waktu yang cukup lama, sehingga Anda menganggapnya seperti tidak terjadi apa-apa. 

Banyak pasien asam urat yang mengeluhkan rasa sakit yang semakin parah karena mengabaikan gejala ini. Memang, tanda asam urat bisa hilang dengan sendirinya, namun tidak menutup kemungkinan di waktu tertentu akan timbul kembali gejala ini. 

Maka dari itu, mulai periksakan ke dokter jika persendian Anda mulai terasa sakit dan mengganggu aktivitas, meskipun sudah menghilang sejak lama. 

5. Demam dan menggigil

Demam, menggigil, tubuh lemas luar biasa seperti Anda terkena flu menjadi gejala awal asam urat pada umumnya. Nah, kristal asam urat yang menumpuk akan melepas protein sitokin. 

Sitokin berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh. Apabila sitokin terlepas, dampaknya daya tahan tubuh menurun diikuti dengan radang sendi. Demam dan menggigil sendiri untuk melawan infeksi dan menaikkan suhu tubuh. 

6. Adanya benjolan yang membengkak

Benjolan pada asam urat yang tinggi (Gout arthritis) atau tophi.

Kristal asam urat yang membengkak dan tidak diobati segera menyebabkan timbulnya benjolan, bisa di jempol kaki maupun bagian tubuh yang dekat dengan sendi. Benjolan ini disebut dengan tophi. 

Namun, benjolan tophi ini bisa mengecil bahkan hilang dengan pengobatan yang benar. 

7. Keluhan pada ginjal

Asam urat menyebabkan komplikasi pada penyakit lain jika lama dibiarkan. Salah satunya batu ginjal. 

Asam urat menghasilkan kristal yang mengendap pada kaki atau persendian. Tetapi, asam urat yang parah akan mengalirkan kristal tersebut ke ginjal Anda, sehingga menumpuk sebagai batu ginjal.

Sahabat BIDAN KITA tidak perlu khawatir, untuk mengeluarkan batu ginjal akibat asam urat, Rumah Sakit Mitra Keluarga menyediakan layanan ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) dan PCNL (Percutaneous Nephrolithotomy). Kedua prosedur ini memiliki metode yang berbeda untuk penanganan batu ginjal, disesuaikan berdasarkan tingkat keparahan. 

Mengenai keluhan pada ginjal, simak video TERKA (Tanya Dokter ) berikut ini bersama dr. Issac Ardianson, Sp.U dari Mitra Keluarga Kalideres. 

 

Asam urat dapat disembuhkan dengan konsultasi rutin bersama Mitra Keluarga

Sahabat, asam urat tentunya dapat disembuhkan dengan pengobatan rutin dan menerapkan gaya hidup sehat. 

Konsultasikan segera untuk mendapatkan diagnosis bersama dokter spesialis penyakit dalam konsultan reumatoid, atau dokter spesialis ortopedi Mitra Keluarga. 

Buat janji konsultasi melalui website Mitra Keluarga bagi Sahabat MIKA yang mendapat rujukan BPJS. Manfaatkan promo menarik dengan booking dokter melalui MIKA Mobile Apps di smartphone Android atau iOS Anda. 

Sumber:

CreakyJoints. 2019. 7 Gout Symptoms You Might Be Ignoring. [daring].

https://creakyjoints.org/about-arthritis/gout/gout-symptoms/signs-of-gout/

CreakyJoints. 2022. How to Improve Your Sleep With Gout. [daring].

https://creakyjoints.org/about-arthritis/gout/gout-symptoms/gout-and-sleep/

Healthline. 2022. Are Fever and Chills Symptoms of a Gout Flare-Up?. [daring].

https://www.healthline.com/health/gout-fever-chills

Foot Health Facts. Gout. [daring]. https://www.foothealthfacts.org/conditions/gout

Johns Hopkins Medicine. Gout. [daring].  https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/gout

Verywell Health. 2022. Gout: Avoiding Foods That Increase Uric Acid. [daring].

https://www.verywellhealth.com/uric-acid-foods-5093036

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال