Aplikasi ASIK Layanan Kesehatan Puskesmas Indonesia

Aplikasi ASIK Layanan Kesehatan Puskesmas Indonesia 


Menkes Bersama Menlu Australia Kunjungi Puskesmas Setiabudi, Lihat Layanan Imunisasi Hingga Aplikasi ASIK
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong melakukan kunjungan ke Puskesmas Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (12/7), disela-sela pertemuan dengan para Menlu ASEAN.

Agenda kunjungan untuk melihat secara langsung pelayanan kesehatan dasar di Puskemas salah satunya layanan imunisasi dasar rutin pada anak.
Dalam pertemuan tersebut, Menkes dan Menlu Australia juga berbincang mengenai sistem pencatatan Imunisasi digital melalui Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK). ASIK merupakan sebuah aplikasi mobile yang dikembangkan dan diperuntukkan untuk pencatatan berbasis individu pada layanan kesehatan primer.

Saat ini, ASIK telah mengampu pencatatan untuk kegiatan imunisasi rutin, skrining penyakit tidak menular, dan pemantauan gizi bayi dan balita untuk pencegahan stunting. Per 20 Juni 2023, ASIK telah digunakan di 96.2% (9,987) Puskesmas di seluruh Indonesia untuk pencatatan imunisasi dan pencatatan skrining penyakit tidak menular.

Dalam kunjungan singkat tersebut, kedua menteri turut membahas kerja sama bidang kesehatan yang telah dilakukan oleh kedua negara. Menkes mengatakan bahwa selama ini Pemerintah Australia telah memberi dukungan dan bantuan yang sangat berarti kepada Pemerintah Indonesia.
Ia mengungkapkan, dalam kurun waktu 8 tahun terhitung sejak tahun 2019-2027, Pemerintah Australia akan memberikan bantuan total sekitar AUD 100 juta yang disalurkan melalui DFAT (Departement of Foreign Affairs and Trade). Bantuan tersebut telah digunakan untuk peningkatan berbagai layanan kesehatan mulai dari layanan primer, sekunder hingga tersier.

READ MORE
Atas dukungan dan kontribusi yang diberikan, Menkes menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah Australia. Ia berharap kerja sama yang telah berjalan dapat terus meningkat dan semakin kuat untuk Pembangunan Kesehatan di Indonesia.

“Kami mengapresiasi semua dukungan yang telah diberikan oleh Pemerintah Australia dalam peningkatan sistem kesehatan Indonesia, kedepan kami berharap hubungan baik ini bisa terus berlanjut,” kata Menkes.
Pada saat yang sama, Menteri Luar Negeri Australia juga memberikan apresiasi atas kerjasama antara Indonesia dan Australia di bidang kesehatan.

“Indonesia adalah mitra utama dalam kesehatan global dan regional. Saya senang mendapat kesempatan untuk melihat sistem kesehatan Indonesia secara langsung hari ini, termasuk bagaimana kita bekerja sama meningkatkan pencatatan imunisasi untuk anak-anak secara digital,” ungkap Menlu Australia.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669.
Sumber:
Menkes Bersama Menlu Australia Kunjungi Puskesmas Setiabudi, Lihat Layanan Imunisasi Hingga Aplikasi ASIK

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال