6 Makanan dan Minuman yang Bisa Membantu Tidur Nyenyak



6 Makanan dan Minuman yang Bisa Membantu Tidur Nyenyak



- Nutrisi dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk tidur. Makanan tidak sehat dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, atau peradangan, yang akhirnya dapat menyebabkan insomnia.

Ahli gizi Lovneet Batra mengatakan nutrisi penting seperti magnesium, kalsium, zinc, dan vitamin B tertentu membantu mengurangi gejala gangguan tidur. Triptofan asam amino esensial harus diubah oleh otak menjadi serotonin. Serotonin pada gilirannya diubah menjadi melatonin.

"Tingkat melatonin dan serotonin yang rendah dapat menyebabkan insomnia dan gangguan tidur lainnya," kata Batra di postingan Instagram yang dikutip Hindustan Times, Selasa, 13 Juni 2023.

Insomnia adalah masalah kesehatan serius yang dialami orang di seluruh dunia. Jadi, sebelum minum obat tidur, Batra mengatakan bahwa ada sedikit makanan untuk membantu tidur lebih nyenyak.

READ MORE

Berikut makanan dan minuman yang bisa membantu tidur nyenyak.

1. Susu

Segelas susu hangat selalu diketahui dapat mendorong tidur malam yang nyenyak. Susu merupakan sumber triptofan, yaitu asam amino esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh manusia. Triptofan adalah prekursor serotonin, neurotransmitter yang diubah menjadi melatonin. Kedua hal ini meningkatkan kualitas tidur dan mendorong relaksasi.

2. Barley grass powder

Kaya akan beberapa senyawa pemicu tidur, termasuk GABA, kalsium, triptofan, seng, kalium, dan magnesium, barley grass powder dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

3. Kenari

Kenari mengandung asam lemak omega-3 dan cenderung meningkatkan motilitas sperma.

4. Biji labu panggang

Biji labu merupakan sumber alami triptofan, asam amino yang mendorong tidur. Zinc, tembaga, dan selenium dalam biji labu juga dapat memengaruhi durasi dan kualitas tidur.

5. Pisang

Pisang kaya akan nutrisi pendukung tidur seperti magnesium, triptofan, vitamin B6, karbohidrat, dan potasium, yang semuanya dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur.

6. Biji chia yang direndam

Kaya akan triptofan, asam amino yang mengatur pola tidur dengan meningkatkan mood, mengonsumsi biji chia yang direndam dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.


Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال