Respon Ibu Saat Bayi Menangis Mempengaruhi Perkembangan Kelak

Respon Ibu Saat Bayi Menangis Mempengaruhi Perkembangan Kelak


Respon Ibu Saat Bayi Menangis Mempengaruhi Perkembangan Kelak

Saya yakin kita masih sering akan mendengar pernyataan bahwa jika kita sedikit-sedikit langsung menggendong bayi saat ia menangis, hal tersebut akan menjadikannya manja di kemudian hari. Padahal Moms, merespon bayi dengan cepat misalnya menggendongnya saat ia menangis SANGAT PENTING dan akan berdampak pada perkembangan psikologisnya saat ia besar nanti.
Bayi menangis karena banyak hal, seperti lapar, lelah, popoknya basah, kedinginan, kepanasan, mengantuk ataupun butuh kenyamanan. Menangis adalah cara mereka berkomunikasi, cara mereka bertahan hidup. Menggendong bayi sebagai bentuk respon orangtua dibutuhkan untuk menenangkan bayi yang sedang menangis, terutama pada bayi berusia di bawah 6 bulan. Dengan respon cepat yang diberikan oleh orangtuanya, bayi akan memupuk rasa percaya pada orangtua dan lingkungannya. Yang terpenting, ia merasa dicintai serta orangtuanya akan selalu ada untuknya di saat ia membutuhkan mereka.
Dengan memberikan respon yang tepat terhadap tangisan bayi, orangtua membangun hubungan kedekatan dengan anaknya yang akan berdampak pada hubungan sosial anak kelak. Orangtua yang langsung menggendong bayinya dengan penuh kasih sayang di saat ia menangis, membuat ia merasa tenang dan di kemudian hari membuatnya lebih gampang bersosialisasi dan bergaul dengan teman-temannya di lingkungan.
Sebaliknya, orangtua yang tidak menghiraukan bahkan memarahi bayi ketika ia menangis, akan menumbuhkan rasa tidak aman pada anak. Respon seperti ini akan membuatnya memendam perasaannya karena pada saat ia mengungkapkannya pun tidak mendapatkan kenyamanan. Akibatnya, kelak ia tumbuh menjadi anak mempunyai masalah dalam perilakunya misalnya berbohong atau curang, atau menjadi pendiam.

Share jika bermanfaat ya moms 😊

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال