Penyakit Amenore (Tidak Mentruasi)


Penyakit Amenore (Tidak Mentruasi)


Penyakit Amenore (Tidak Mentruasi)

Amenore atau orang awam sering menyebutnya dengan tidak mentruasi adalah suatu kondisi dimana seorang wanita yang seharusnya bisa menstruasi tetapi tidak menstruasi. Dimana kondisi ini biasanya sering memengaruhi wanita yang sedang hamil.

Namun, selain disebabkan oleh kehamilan, kondisi Amenore juga bisa disebabkan karena sedang menyusui, menopause dan bahkan bisa juga akibat gangguan hormon dan sistem reproduksi.

Penyakit Amenore Sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yang pertama yaitu Amenore primer yang tidak pernah menstruasi dan yang kedua yaitu Amenore sekunder yang pernah mengalami menstruasi namun kemudian berhenti selama 6 bulan atau lebih.

Gejala Penyakit Amenore
Gejala yang akan timbul atau dialami oleh penderita penyakit Amenore tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya, namun ada beberapa gejala yang paling umum dan paling sering dialami oleh penderita Amenore, diantaranya yaitu :

Sakit kepala.
Rambut menjadi rontok.
Mual yang disertai muntah.
Mengalami perubahan pada penglihatan.
Perubahan ukuran payudara.
Nyeri pada panggul.
Timbul jerawat.
Penyebab Penyakit Amenore

Tejadinya kondisi Amenore ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Pada sebagian kasus merupakan hal yang normal, sedangkan pada sebgain kasus lagi kondisi ini menyebabkan komplikasi. Dan berikut ini ada beberapa gejala utama yang bisa menyebabkan timbulnya kondisi Amenore, antara lain :

Berat badan rendah.
Olahraga yang berlebihan.
Ketidakseimbangan hormon.
Masalah pada jaringan rahim.
Kurangnya organ reproduksi.
Kelainan bawaan pada sistem kehamilan.
Pubertas terlambat.
Gangguan pada susunan saraf pusat.

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال