Fakta Mengenai Sperma Encer Dan Cara Mengujinya???

Fakta Mengenai Sperma Encer Dan Cara Mengujinya???



Fakta Mengenai Sperma Encer Dan Cara Mengujinya???


Terdapat jutaan sperma yang masuk ke dalam tubuh wanita saat pria mengalami ejakulasi, namun hanya dibutuhkan satu sel sperma saja untuk membuahi sel telur wanita. Hanya sperma yang sehat yang dapat membuahi sel telur dan memberikan kesempatan terbaik untuk memiliki bayi yang sehat.

Kesehatan sperma dapat ditingkatkan dengan cara tidak merokok, menghindari menggunakan obat-obatan seperti steroid anabolik, menghindari kontak langsung dengan racun seperti pestisida dan logam berat, menghindari minuman beralkohol, menjaga berat badan sehat, menghindari mandi air panas, dan tidak menggunakan celana dalam maupun celana yang terlalu ketat.

Untuk mengecek kualitas sperma, biasanya perlu dilakukan analisis air mani. Air mani sendiri adalah cairan berwarna putih atau abu-abu yang dialirkan dari uretra yaitu saluran di penis saat ejakulasi. Setiap mililiter air mani tersebut mengandung jutaan spermatozoa atau sperma, namun sebagian besar dari komposisi air mani merupakan sekresi kelenjar pada sistem reproduksi laki-laki.

Rata-rata volume air mani yang diproduksi setelah ejakulasi berkisar antara 2-5 ml. Volume air mani yang kurang dari 1,5 ml disebut hyposermia, sedangkan volume yang lebih dari 5,5 ml disebut hyperspermia. Kedua kondisi ini diduga menandakan kondisi air mani yang abnormal. Konsistensi normal air mani saat ejakulasi adalah kental mirip gel. 10 – 15 menit setelah keluar dari saluran mani, air mani yang kental akan menjadi encer, untuk menunjang pergerakan sperma dalam membuahi sel telur.

Rendahnya volume air mani dapat disebabkan karena seringnya melakukan ejakulasi, sedangkan volume yang berlebih bisa karena lama tidak melakukan ejakulasi. Pada pemeriksaan analisis air mani, banyaknya sperma dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk lamanya waktu antara ejakulasi dan analisis sampel air mani dimulai atau proses transportasi sampel air mani dari saat ejakulasi hingga diperiksakan ke laboratorium.

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال