WANITA PERLU TAHU !, FAKTOR PENYEBAB KEMANDULAN PADA WANITA

WANITA PERLU TAHU!, FAKTOR PENYEBAB KEMANDULAN PADA WANITA



Kehamilan bagi sebagian besar pasangan suami-istri merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Meski tidak selalu pihak wanita yang bermasalah, ada beragam kemungkinan mengenai penyebab infertilitas dari organ reproduksi wanita yang perlu diketahui.
Untuk memahami penyebab infertilitas, harus diawali dengan pemahaman mengenai proses kehamilan.
Kehamilan diawali dari pelepasan sel telur sehat dari indung telur yang bergerak menuju tabung saluran indung telur (tuba fallopi). Di sana sel telur akan dibuahi oleh sperma, saat pasangan melakukan hubungan seksual. Sel telur yang sudah dibuahi tersebut kemudian bergerak dan tumbuh di dalam rahim.

Faktor Risiko Infertilitas
Kemungkinan ketidaksuburan wanita dapat dipengaruhi faktor-faktor risiko sebagai berikut :

Usia
Ketidaksuburan wanita dapat dikaitkan dengan usia. Penurunan kesuburan wanita menurun secara signifikan pada usia 30-an akhir. Sekitar 95 persen wanita yang berusia 35 tahun akan hamil setelah 3 tahun melakukan hubungan seks tanpa kontrasepsi, sedangkan hanya 75 persen wanita usia 38 tahun yang hamil pada jangka waktu yang sama.

Merokok
Kebiasaan ini dapat menyebabkan gangguan pada serviks dan tabung saluran indung telur, sekaligus meningkatkan risiko keguguran dan kehamilan ektopik. Rokok juga dianggap membuat indung telur Anda mengalami penuaan lebih cepat dan akan menghabiskan sel telur Anda sebelum waktunya, sehingga menurunkan kemungkinan hamil.

Berat badan
Proses ovulasi dengan normal dapat terhambat ketika seorang wanita memiliki berat badan berlebih atau kurang secara signifikan. Upaya mencapai berat badan sehat berdasarkan kategori Indeks Massa Tubuh (IMT) menunjukkan dapat meningkatkan frekuensi ovulasi serta kemungkinan hamil.

Alkohol
Konsumsi alkohol yang berlebihan dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan ovulasi atau endometriosis

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال