CARA BACA LEMBAR ANALISA SPERMA

CARA BACA LEMBAR ANALISA SPERMA



Kadang ada lembar analisa sperma yang ga ditulis kesimpulannya, jadi bingung artinya apa. Berikut sy mau jelaskan sedikit caranya ya. Kalau batas normal bisa cek kolom sebelah kanan hasil aja.

1. Jumlah sperma. Kalau di bawah standar namanya oligozoospermia, artinya jumlah spermanya kurang.
2. Motilitas (kemampuan gerak). Kalau di bawah standar namanya astenozoospermia, artinya geraknya kurang.
3. Morfologi (kelengkapan bentuk). Kalau di bawah standar namanya teratozoospermia, artinya bentuk spermanya kurang sempurna.

Gangguan sperma ini bisa salah satu, gabungan dari dua atau bahkan gabungan ketiganya.

Yang perlu dilihat lagi adalah bagian pH dan leukosit. Kalau leukosit tinggi dan pH di atas normal bisa jadi ada infeksi. Kalau pH di bawah normal bisa karena ada penyumbatan atau peradangan. Lalu bagian aglutinasi, kalau positif artinya sperma cepat menggumpal. Aglutinasi ada grade-nya, kalau grade 1 masih bisa dikatakan aman, tapi kalau grade 2 bisa indikasi adanya ASA (alergi sperma), biasanya dirujuk untuk MAR test.

Kalau ada masalah di hasil analisa sperma, temui androlog untuk tes lanjutan yang diperlukan dan langkah program hamil yang tepat.

Untuk mencari langkah program hamil yang tepat diperlukan pemeriksaan suami istri, karena penyebab infertilitas juga bisa berasal dari suami.

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال