KISAH PENGALAMAN TRAUMA MELAHIRKAN

KISAH PENGALAMAN TRAUMA MELAHIRKAN

Ada ga sih yg mengalami kejadian traumatik saat melahirkan. Dan akhirnya membuat akan suatu hal, tapi bukan kapok melahirkan lho yaaa.....

Kalo saya adalah trauma pelayanan bidan.

Kejadian itu saat kelahiran anak pertama, Sakha di Surabaya. Saya hamil di Semarang dan Lampung ikut suami merantau karena kerjaan di Vendor Telco dulunya. Pas mau HPL karena anak pertama saya pengin nya di Surabaya karena pengin didampingi Emak ama Bapak (Allahu yarham).


Jadilah saya melahirkan disana, saya pergi ke Bidan yg sudah cukup terkenal disana, senior, usianya mungkin setengah abad. Pas datang itu tengah malam Ramadhan jam 1 dini hari naik becak saat itu karena belum punya mobil.
Disambutlah saya dengan 2 asisten bidan yg masih muda dan belum menikah. Udah mules dan pembukaan masih sedikit.

Kemudian pagi jam 6 pagi bu bidan nyamperin saya cuma liat kondisi tanpa cek fisik, hanya tanya ke asisten nya. Beliau bilang saya harus bersabar karena masih pembukaan 2 dan anak pertama mungkin melahirkan nya masih agak lama mungkin bisa esok hari. Beliau lalu pergi dengan nampak buru².


Ternyata Allah berkehendak lain sekitar pukul 8 pagi saya sdh pembukaan lengkap dan alhamdulillah bayi Sakha lahir dengan penuh perjuangan. Nah inilah awal trauma dimulai.

Proses melahirkan hanya dibantu 2 asisten muda tadi. Setelah bayi keluar saya harus dijahit. Setelah dibius di paha pada waktu itu saya mulai dijahit, terasa dikit² tapi setelah 15 menit berlalu kok sakit jaitan semakin menjadi dan saya rasa bius nya sudah hilang. Sungguh kesakitan yg luar biasa dijahit dengan pelan dan lama sampe sekitar 45menit dengan bius yg sudah hilang. Saya rasa mbak nya ini belum pengalaman, dari kecepatan dan liat kondisi dia menjahit sungguh saya merasa sakit sekali. Sampe saya menangis memohon utk mba nya stop saja. Mbak nya ga bilang jaitan berapa hanya bilang diobras luar dalam hiks....


Proses penyembuhan juga sangaaaat lama.
Setelah itu saya trauma untuk pergi ke bidan.
Tapi saya tidak trauma melahirkan buktinya ada total 4 kelahiran yg Allah kasih.

Setiap hamil saya minimal ke RSIA meski saat itu lagi susah. Yg penting nabung buat kontrol tiap bulan nya. Yg namanya trauma ya gimana yaaa.....

Alhamdulillah.... ketiga kelahiran berikutnya juga tidak sesakit dan sedrama pertama proses penyembuhan juga lebih cepat.


==================================

Mohon maaf tdk menyudutkan salah satu profesi yaa.. saya hanya share pengalaman yg saya alami. Saya yakin banyak diluar sana bidan² prof yg juga sigap dan cepat menangani pasien.


Komentar:

Rizkiah Dewi

Kalo aku pas SC kedua mbak yang agak traumatik. Waktu SC semua berjalan lancar, tapi yang bikin nyesek itu pelayanan pihak RS nya.

1.Dimulai dengan pasca SC malamnya, saya batuk, sampai jahitan terasa sakit perih panas, seperti disayat-sayat padahal dalam keadaan sadar dan efek bius udah habis. Saya tanya ke perawat kenapa saya tidak diberi anti nyeri oral (dulu anak pertama di RS lain saya diberi anti nyeri dari obat minum selain dari infus) kata mbaknya dokter bilang kalau di RS ini obat oral diberikan kalau infus sudah dilepas, sedang saat itu cuma diberi anti nyeri dari infus, dan tidak ngefek ke saya, karena saya masih kesakitan selama beberapa jam malam itu. Dokter tidak visit hari itu, baru visit keesokan malamnya, dokter anak pun tidak visit. Cuma ada perawat datang terus bilang : "saya juga sudah SC 3x Bu, ya emang sakit" oh bukan itu masalahnya, sakitnya beda sama SC pertama dan saya kuatir kenapa-kenapa. Malam itu saya setel ayat ruqyah sampai pagi baru nyeri itu hilang. Pengalaman SC pertama memang kalau batuk atau bersin akan nyeri perih jahitan tapi itu tidak lama,sekian menit selesai. Tapi yang ini sakitnya lama berjam-jam dan tidak diberi solusi selain anti nyeri dari infus yang tidak mempan.

2. Suhu tubuh bayi saya tinggi, setiap kali ditaruh box bayi dia nangis. Kalau digendong ditaruh Deket saya baru diam, saya minta perawat cek tubuh anak saya, kekeuh bilang suhu anak saya normal, padahal jelas anak saya rewel, dan terasa lebih hangat Dibanding kakaknya dulu pas baru lahir. Akhirnya saya minta termometer saya ukur sendiri. Gak lama ibu saya Dateng (posisi memang ditunggu suami aja karena ortu saya jaga anak pertama saya yang lagi sakit juga) pas ibu ngecek ternyata box bayi saya terlalu panas suhunya, pantas anak saya nangis terus kalau ditaruh box) saat itu saya belum bisa turun dari bed karena masih sakit sekali jahitannya.

Saya beneran kapok dengan pelayanan RS itu ðŸ™„ gak mau lagi kesana.

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال