Cara Menangani Dan Mengobati Luka Operasi Caesar Belum Sembuh, Ketika Belum Sempat ke Dokter


Cara Menangani Dan Mengobati Luka Operasi Caesar Belum Sembuh, Ketika Belum Sempat ke Dokter


Tanya Helpdesk : luka operasi sesar belum sembuh???

Saya Susi sunarti wanita 25 tahun, kemarin melakukan operasi cesar anak kedua pada tanggal 10 september 2018 dan berjalan lancar, setelah 3 hari saya diberikan plester anti air dan sudah boleh pulang, setelah 6 hari saya kebidan karena saya melihat rembes sedikit flek darah pada perban,alhasil perban diganti oleh bidan dan pada 3 hari setelahnya karena saya merasa masih ada darah di perban saya kembali ke dokter kandungan untuk konsultasi, perban dibuka dan dinyatakan tidak apa apa, setelah bekas darah dibersihkan menggunakan kasa dan alkohol mungkin, dokter memberikan cream nsc ( novell smoothing cream ) tapi 2 hari setelahnya darah masih keluar sedikit2, tapi nyeri dan kemerahan apakah itu normal..?...dan saya browsing beberapa artikel, cream yang diberikan dokter hanya untuk luka yang sudah benar benar sembuh, kira kira ini kenapa dok??, dan amankah cream tersebut, saya sangat takut, mohon bantuan masukannya dokter.. 


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus yserupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Mamah Kiki " dengan judul pertanyaan " Luka jahitan yang membuka & basah " pada Tanya Dokter: Siang dok, Saya mau tanya dok, saya melahirkan sudah 2 bulan & dapat jahitan episitomi,10 hr pasca mlahirkn saya mengalami pendarahn & itu katanya dari jahitan yang tidak bagus, akhirnya saya dijahit ulang,1 minggu kontrol kedokter katanya luka masih basah, terus kontrol lagi masih basah juga, 1 bulan kemudian saya kontrol kepuskesms & kata bidannya jahitannya sudah kering, tetapi ada luka yang masih membuka & masih terasa nyeri nyeri. Yang mau saya tanyakan, kira kira obat atau salep apa yang bisa digunakan untuk menutup luka jahitan yang membuka itu dok & lukanya bisa benar benar kering, terus terang saya trauma kalau disuruh jahit lagi Mohon saranya dok, Terimakasih,


dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Untuk kasus Bunda memang membutuhkan pemeriksaan yang berkala untuk memonitor dan perawatan luka jahitan tersebut. Jagalah kebersihan agar tidak terjadi infeksi dengan cara membersihkan dan mengganti perban dengan baik. Asupan nutrisi juga penting untuk membantu kesembuhan. Makanlah bahan makanan yang mengandung protein dan vitamin serta anti oksidan, misalnya yang terkandung di dalam sayuran, buah-buahan serta daging dan susu. Namun, hindari bahan makanan yang diduga dapat menyebabkan alergi ( beberapa orang mengalami reaksi alergi bila memakan bahan makanan dari laut atau seafood). Untuk pengobatan, saya tidak dapat memberikan saran, maka itu Bunda tidak perlu takut untuk memeriksakan bekas luka jahitan pada dokter atau bidan agar diketahui apakah membutuhkan obat atau hanya perawatan dan membersihkan luka saja. Semoga jawaban kami bermaanfaat. 


Sumber artikel:

Jika Bunda memiliki pertanyaan lain , Bunda dapat bertanya pada Helpdesk melalui aplikasi Info bunda.

#HaiBunda #Infobunda #infobundacom #infobundaapp

Bunda dapat bergabung di grup Whatsapp Infobunda (0815 8522 1411)

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال