Mengapa Tangan Sering Kesemutan? Kenali 7 Penyebabnya Berikut...

Mengapa Tangan Sering Kesemutan? Kenali 7 Penyebabnya Berikut...

 - Beberapa orang kerap merasakan tangan sering kesemutan yang menimbulkan sangat tidak nyaman. Namun, mengapa tangan sering kesemutan?

Seseorang yang mengalami kesemutan dibagian tangan akan merasakan sensasi seperti terbakar, tertusuk-tusuk, merinding, gatal, atau mati rasa. Meskipun fenomena kesemutan ini normal, kondisi ini bisa jadi merupakan pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius jika terjadi lebih dari biasanya. Untuk itu, ketahui penyebab tangan sering kesemutan dan cara mengatasinya berikut ini.


Disarikan dari Medical News Today dan Verywell Health, berikut adalah beberapa alasan mengapa tangan sering kesemutan.

Memiliki penyakit sistemik

Penyebab tangan sering kesemutan yang pertama adalah penyakit sistemik. Penyakit sistemik ini meliputi gangguan ginjal, penyakit hati, kerusakan pembuluh darah, amiloidosis, gangguan jaringan ikat dan peradangan kronis, hipotiroidis, serta kanker dan tumor jinak yang menyerang saraf.

Mengalami kekurangan vitamin

Umumnya, seseorang akan mengalami tangan sering kesemutan gejala kekurangan vitamin B12. Pasalnya, kurangnya vitamin B12 dapat memicu terjadinya anemia pernisiosa yang merupakan penyebab umum neuropati perifer. Untuk diperhatikan juga bahwa terlalu banyak vitamin B6 dapat menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki

Merasa cemas

Orang yang mengalami kecemasan mungkin mengalami hiperventilasi, yang dapat menyebabkan kaki kesemutan. Hiperventilasi adalah gejala kecemasan yang umum dan ditandai dengan pernapasan yang sangat cepat sehingga menyebabkan ketidakseimbangan kadar karbon dioksida dan oksigen, yang juga akan memicu kaki kesemutan.

Mengalami cedera

Kesemutan di tangan juga dapat terjadi karena cedera.
Cedera yang terkait dengan trauma dapat menyebabkan saraf tertekan, hancur, atau rusak sehingga mengakibatkan nyeri saraf yang turut memicu kesemutan pada tangan.

Mengidap sklerosis ganda

Umumnya, tangan sering kesemutan gejala dari penyakit sklerosis ganda.
Penyakit skleorsis ganda merupakan penyakit yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang selubung mielin berlemak yang berada di sekitar serabut saraf otak dan tulang belakang.

Mengalami saraf terjepit

Seseorang mungkin mengalami kesemutan di kaki atau tangan karena terjepitnya saraf di punggung yang mungkin terjadi akibat cedera atau pembengkakan. Gejala saraf terjepit lain yang dapat dialami adalah nyeri dan keterbatasan gerak. 

Mengalami penyakit autoimun

Penyakit autoimun merupakan sistem kekebalan tubuh secara tidak sengaja menyerang sel-sel sehat tubuh sendiri.
Proses ini dapat merusak sistem saraf tepi sehingga dapat menyebabkan rasa kesemutan pada tangan. Sindrom Guillain-Barre dan rheumatoid arthritis adalah kondisi autoimun yang ditandai dengan tangan kesemutan. Kesemutan di tangan ternyata bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius sehingga perlu diatasi secara medis.

Cara mengatasi tangan sering kesemutan

Cara menghilangkan kesemutan di tangan umumnya adalah mengonsumsi obat, melakukan terapi, hingga melakukan perawatan rumahan. Disarikan dari Only My Health dan PharmEasy, berikut adalah beberapa cara mengatasi tangan sering kesemutan yang bisa dicoba.

Memijat tangan

Memijat tangan dapat dilakukan sebagai terapi untuk membantu mengurangi sensasi kesemutan yang dirasakan secara terus-menerus.
Pijatan pada tangan akan merangsang saraf dan meningkatkan fungsi tangan sehingga rasa kesemutan akan berkurang. Memijat juga meningkatkan sirkulasi darah yang merupakan faktor lain untuk meredakan kesemutan.

Mengonsumsi obat-obatan dan suplemen

Cara mengatasi tangan sering kesemutan adalah dengan mengonsumi obat-obatan dan suplemen. Untuk mengetahui obat tangan kesemutan yang cocok, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Melakukan terapi alternatif

Terapi fisik, akupunktur, atau alternatif terapi lainnya bisa menjadi cara untuk menghilangkan kesemutan di tangan.
Terapis akan menunjukkan beberapa latihan yang dapat membantu proses penyembuhan. Selain itu, terapis terkadang memberikan saran penggunaan penyangga pergelangan tangan untuk mengatasi rasa kebas.

Mengoleskan minyak atsiri

Minyak atsiri dapat digunakan sebagai obat tangan kesemutan karena memiliki kandungan sifat anti-inflamasi dan anti-analgesik.
Untuk menggunakannya, Anda bisa meneteskan 10 tetes minyak lavender dengan minyak kelapa, lalu oleskan campuran ini pada tangan yang mengalami kesemutan dengan gerakan memijat secara perlahan.
Anda bisa melakukan cara ini sebelum tidur dan membiarkannya semalaman untuk mengatasi tangan yang kesemutan.

Memahami mengapa tangan sering kesemutan sangatlah penting sehingga Anda bisa melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.
Meskipun begitu, Anda diimbau untuk tidak melakukan diagnosis pribadi dan segera mencari bantuan medis ketika kondisi yang dialami tidak kunjung membaik atau bertambah parah.

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال