Kenali Gejala Kolesterol Tinggi yang Wajib Diperhatikan

Kenali Gejala Kolesterol Tinggi yang Wajib Diperhatikan


Kolesterol menjadi faktor yang menentukan apakah kesehatan Sahabat MIKA dalam kondisi stabil atau tidak. Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute, kolesterol adalah zat lemak alami yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan mengontrol sel, vitamin, dan hormon. 

Sahabat MIKA perlu tahu, jika kolesterol terbentuk dari organ hati (Liver). Selain itu, makanan lemak hewani juga dapat menjadi sumber kolesterol, seperti daging, unggas, produk susu, minyak kelapa.

Kolesterol memang baik untuk tubuh, namun jika kadarnya berlebihan, waspada kolesterol tinggi dapat berdampak pada kesehatan. Risiko dari kadar kolesterol tinggi adalah penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, hingga stroke. 

Kadar kolesterol tinggi memang perlu diwaspadai. Lalu, apa saja gejala kolesterol yang umumnya tidak Anda sadari? Yuk, simak pembahasan lengkapnya pada artikel berikut ini! 

Ketahui nilai batas normal kolesterol, yuk!

Kolesterol dibagi menjadi 2 (Dua): LDL (Low-density Lipoprotein) sebagai kolesterol jahat dan HDL (High-density Lipoprotein) sebagai kolesterol baik. 

Kolesterol baik (HDL) akan terserap oleh organ hati, kemudian membuang sisanya ke tubuh. Kemudian, kolesterol jahat (LDL) jika terlalu berlebihan akan menyumbat pembuluh darah. Kolesterol tinggi mengindikasi pada nilai LDL yang tinggi, sehingga menimbulkan gejala dan dampak pada kesehatan tubuh. 

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, LDL dikatakan tinggi jika nilainya berkisar 130-159 mg/dL, dimana nilai LDL di atas 160 mg/dL sudah perlu diwaspadai. Kemudian, apabila HDL terhitung rendah mencapai 40 mg/dL dapat berisiko aterosklerosis (Plak pada arteri karena timbunan lemak).

Kolesterol yang normal yaitu < 200 mg/dL. Kolesterol tinggi berada pada rentang nilai 200-239 mg/dL, dan harus waspada jika nilai kolesterol berada > 200 mg/dL. 

Untuk mengetahui kadar kolesterol tinggi, normal, atau rendah dalam tubuh, Sahabat MIKA dapat melakukan tes darah. Jika ingin pemeriksaan lebih lengkap, buat reservasi untuk medical check up (MCU) di Mitra Keluarga.

Apabila Sahabat MIKA merasakan tanda-tanda seperti ini, waspada kolesterol mulai tinggi. 

Nyeri pada kaki saat berjalan

Jika Sahabat MIKA sedang berjalan dan merasakan nyeri dan pegal hebat seperti kesemutan  atau kaku pada kaki, bisa jadi kolesterol Anda melonjak naik. 

Nyeri pada kaki saat berjalan menjadi gejala kolesterol tinggi karena penyumbatan arteri pada pada kaki yang tidak mampu mengalirkan peredaran darah dengan lancar. Gejala seperti ini memang umum dan kerap kali tidak disadari. Akan tetapi, jika muncul tanda ini, Anda harus mengurangi kolesterol segera. 

Nyeri dada

Nyeri dada bukan cuma menjadi gejala GERD saja, Sahabat MIKA. Tanpa Anda sadari, nyeri dada tanpa ada rasa sakit perut juga bisa diindikasikan sebagai gejala kolesterol tinggi. Selain beristirahat cukup, ubah pola makan Anda dan luangkan waktu untuk berolahraga agar aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. 

Gula darah tinggi

Gejala kolesterol tinggi dapat terjadi pada Sahabat MIKA yang memiliki riwayat diabetes dengan gula darah tinggi tanpa terkontrol. Hal ini karena nilai HDL yang rendah, dan peningkatan pada LDL dan trigliserida yang disebut sebagai dislipidemia diabetik. 

Selain menjaga kadar gula darah, Sahabat MIKA yang memiliki riwayat diabetes juga perlu menjaga pola makan dengan menghindari makanan berlemak jahat yang mampu menyumbat peredarah darah. 

Tekanan darah tinggi

Salah satu gejala kolesterol mulai tinggi adalah tekanan darah tinggi yang sangat kuat untuk masuk ke dinding pembuluh darah. Saat jantung bekerja ekstra dalam memompa dan mengalirkan darah untuk menghantarkan oksigen ke seluruh tubuh, dapat terjadi kerusakan pada pembuluh darah dengan meninggalkan plak dan penyempitan arteri. Sehingga, gejala kolesterol tinggi dapat terjadi.

Adanya gejala serangan jantung

Kolesterol tidak terlepas dengan risiko serangan jantung dengan gejala seperti nyeri di lengan, nyeri dada, sesak napas, pusing. Serangan jantung akibat kolesterol tinggi seringkali tidak disadari. Untuk itu, jika gejala ini mulai muncul dan terasa, segera konsultasikan dengan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Mitra Keluarga untuk mendapatkan rekomendasi penanganan dan pengobatan lebih lanjut. 

Sudah mulai terasa gejala kolesterol? Ketahui panduan gaya hidup dengan deteksi di Mitra Keluarga!

Sahabat MIKA, kolesterol tinggi sudah menjadi tanda Anda harus waspada karena akan memunculkan gejala dan faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Kolesterol yang tinggi dipicu oleh genetik, serta kombinasi gaya hidup tidak seimbang, seperti tidak mengontrol pola makan, istirahat yang minim, dan tidak berolahraga rutin. 

Untuk mengetahui nilai kolesterol, Sahabat MIKA dapat melakukan deteksi di Mitra Keluarga melalui MCU pemeriksaan jantung lengkap, sudah termasuk konsultasi dengan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah. 

Segera buat janji temu dokter dan reservasi MCU di website Mitra Keluarga, atau melalui MIKA Mobile Apps yang dapat Anda download di smartphone Android atau iOS. 

CORPORATE

Sumber: 

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال