10 Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Kesehatan Ginjal

10 Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Kesehatan Ginjal

Ilustrasi. Tahu termasuk makanan terbaik untuk kesehatan ginjal. (iStockphoto/inewsistock)

- Ginjal adalah salah satu organ penting untuk menopang tubuh agar bisa melakukan aktivitas dengan baik. Simak 10 makanan terbaik dan terburuk untuk kesehatan ginjal menurut ahli diet berikut ini.

Ketika ginjal bermasalah, tubuh akan kehilangan kemampuannya untuk membersihkan racun dan kotoran dari darah, mengendalikan tekanan darah, hingga menyaring cairan berlebih dari dalam tubuh. Karena itu, penting untuk menjaga pola makan yang ramah ginjal agar organ tersebut bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

"Kita tahu betapa pentingnya nutrisi untuk kesehatan ginjal. Untungnya, kita tidak perlu bergantung pada minuman detoks yang aneh atau ramuan yang tidak menggugah selera untuk mendukung ginjal kita. Ada banyak makanan bermanfaat bagi siapa pun yang tertarik pada perawatan ginjal," kata Catalina Ruz, ahli diet dan gizi mengutip Eating Well.

Makanan terbaik untuk ginjal

Berikut ini 5 makanan terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal"

1. Sayuran berdaun gelap

Sayuran berdaun gelap mengandung antioksidan, vitamin C, E dan K, serta mineral kalsium, magnesium, potasium, dan zat besi, menjadikannya sangat baik untuk mencegah penyakit ginjal.
"Sayuran ini melawan peradangan dan melindungi dari kerusakan oksidatif yang terjadi ketika ginjal bekerja terlalu keras," kata Ruz.

2. Ceri asam

Ilustrasi. Ceri asam termasuk makanan terbaik untuk kesehatan ginjal. (couleur/Pixabay)

Ginjal memiliki arteri dan vena kecil serta halus yang dapat rusak jika tekanan darah terlalu tinggi dalam jangka waktu lama.

Makanan yang mendukung tekanan darah yang sehat juga mendukung kesehatan ginjal, dan ceri asam adalah salah satu makanan tersebut. "Kaya akan vitamin A dan antioksidan, ceri asam telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk diet yang mendukung ginjal. Manajemen tekanan darah yang baik sangat penting untuk mencegah kerusakan ginjal," kata Ruz

3. Tahu

Jika Anda mencari protein nabati untuk meningkatkan kesehatan ginjal, maka pilihlah tahu.
Menurut Ruz, protein hewani seperti daging mungkin memiliki kandungan asam yang sedikit lebih tinggi, sehingga dapat membebani ginjal yang sedang kesulitan. "Karena ginjal menyeimbangkan pH tubuh kita dan menghilangkan asam, makanan yang mendukung proses ini, seperti tahu, bisa sangat mendukung ginjal," jelas Ruz.

"Tidak seperti protein hewani, protein nabati membantu meningkatkan pH tubuh, menghindari lingkungan asam yang [berpotensi berbahaya] di dalam tubuh," katanya.

4. Biji rami

Kadar gula darah yang tinggi lama kelamaan dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Itu sebabnya diabetes tipe 2 dikaitkan dengan penyakit ginjal kronis. Salah satu cara untuk menjaga glukosa tetap stabil dan ginjal tetap sehat adalah dengan memasukkan makanan berserat tinggi, seperti biji rami, ke dalam makanan Anda. "Serat ini membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, yang penting untuk kesehatan ginjal," kata Ruz.

5. Bawang putih

Ilustrasi. Bawang putih termasuk makanan terbaik untuk kesehatan ginjal. (iStockphoto/Amarita)

Ruz mengatakan, bawang putih berfungsi sebagai agen anti-inflamasi yang kuat dan telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah, yang bermanfaat untuk fungsi ginjal. "Selain itu, bawang putih membantu melawan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh penyakit ginjal, sehingga mendukung pencegahan kerusakan ginjal lebih lanjut," tambahnya.

5 Makanan terburuk untuk ginjal

Apa saja makanan terburuk untuk kesehatan ginjal? Berikut daftarnya:

1. Soda gelap

Soda, terutama soda berwarna gelap seperti cola, mengandung banyak fosfor buatan. Fosfor adalah mineral yang diperlukan untuk tulang yang kuat, dan ginjal yang sehat dapat dengan mudah menyaring kelebihan fosfor dari makanan. Namun Ruz memperingatkan terhadap fosfor buatan yang ditemukan dalam soda berwarna gelap, karena dapat berdampak buruk pada ginjal. "Para ahli diet sering menyarankan untuk tidak mengonsumsi soda hitam, karena soda juga merupakan sumber tambahan gula yang signifikan. Untuk menjaga kesehatan ginjal, sebaiknya lewati saja."

2. Makanan beku

Ilustrasi. Frozen food termasuk makanan terburuk untuk kesehatan ginjal. (iStockphoto/Etiennevoss)

Makanan olahan beku (frozen food) mengandung banyak sekali natrium meski mudah untuk disiapkan. "Karena mengatur asupan garam sangat penting untuk kesehatan ginjal, kami umumnya menyarankan untuk tidak mengandalkan sebagian besar makanan beku," kata Ruz.
National Kidney Foundation merekomendasikan agar kebanyakan orang mematuhi batas 2.300 mg sodium per hari. Mereka yang memiliki penyakit ginjal atau tekanan darah tinggi harus membatasi asupan natrium sebanyak 1.500 mg per hari.

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji sering kali tinggi lemak jenuh, gula, dan kalori, dan rendah nutrisi.
"Pola makan ramah ginjal pada dasarnya harus terdiri dari beragam buah dan sayuran, karbohidrat kompleks, dan protein tanpa lemak. Makanan cepat saji, yang kaya akan natrium, lemak jenuh, dan fosfor, tidak memiliki nutrisi bermanfaat yang dibutuhkan untuk kesehatan ginjal," kata Ruz. "Meskipun nyaman, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji," tambahnya.

4. Keju olahan

Jika Anda mencermati label produk keju di pasaran, sering kali itu bukan "keju biasa." Ruz mengatakan, produk keju olahan sering kali ditambah dengan natrium dan fosfor yang berlebihan yang tidak baik untuk kesehatan ginjal.

5. Daging dalam jumlah yang banyak

Ilustrasi. Daging dalam jumlah yang banyak termasuk makanan terburuk untuk kesehatan ginjal. (iStockphoto/kazuma seki)

Protein memang sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, namun ahli tidak merekomendasikan konsumsi dalam jumlah berlebihan.
"Konsumsi protein hewani yang berlebihan dapat memberikan beban pada ginjal. Protein hewani menghasilkan tingkat asam yang tinggi dalam darah, yang harus dihilangkan oleh ginjal. Membatasi asupan daging adalah pendekatan yang penuh perhatian untuk menjaga kesehatan ginjal," kata Ruz. Ini tidak berarti Anda tidak boleh makan daging, karena ginjal yang sehat akan dengan mudah menyaring asam tersebut. Daging menawarkan banyak manfaat kesehatan, namun jika khawatir dengan kesehatan ginjal Anda, bicarakan dengan dokter tentang berapa banyak daging yang harus Anda makan.

10 Best and Worst Foods for Kidney Health

Illustration. Tofu is one of the best foods for kidney health. (iStockphoto/inewsistock)

- Kidneys are one of the important organs to support the body so that it can carry out activities properly. Check out the 10 best and worst foods for kidney health according to dietitians below. 

When the kidneys have problems, the body will lose its ability to clean toxins and impurities from the blood, control blood pressure, and filter excess fluid from the body. Therefore, it is important to maintain a kidney-friendly diet so that these organs can carry out their functions properly. 
"We know how important nutrition is for kidney health. Luckily, we don't need to rely on strange detox drinks or unappetizing concoctions to support our kidneys. There are many beneficial foods for anyone interested in kidney care," said Catalina Ruz, dietitian and nutritionist citing Eating Well. 

Best food for kidneys

Here are the 5 best foods to maintain kidney health"

1. Dark leafy greens

Dark leafy vegetables contain antioxidants, vitamins C, E and K, as well as the minerals calcium, magnesium, potassium and iron, making them excellent for preventing kidney disease. 
"These vegetables fight inflammation and protect against oxidative damage that occurs when the kidneys are overworked," says Ruz. 

2. Sour cherries

Illustration. Sour cherries are among the best foods for kidney health. (couleur/Pixabay)

The kidneys have small, delicate arteries and veins that can be damaged if blood pressure is too high for a long time. 

Foods that support healthy blood pressure also support kidney health, and tart cherries are one of those foods. 
"Rich in vitamin A and antioxidants, tart cherries have been linked to lower blood pressure, making them an excellent choice for a kidney-supporting diet. Good blood pressure management is essential to preventing kidney damage," says Ruz

3. Know

If you are looking for plant-based protein to improve kidney health, then choose tofu. According to Ruz, animal protein such as meat may have a slightly higher acid content, which can be a burden on struggling kidneys. 
"Because the kidneys balance our body's pH and eliminate acids, foods that support this process, such as tofu, can be especially supportive of the kidneys," explains Ruz. "Unlike animal protein, plant protein helps increase the body's pH, avoiding a [potentially dangerous] acidic environment in the body," he says. 

4. Flax seeds

High blood sugar levels over time can cause kidney damage. That's why type 2 diabetes is associated with chronic kidney disease. 
One way to keep your glucose stable and your kidneys healthy is to include high-fiber foods, such as flax seeds, in your diet. 
"This fiber helps maintain stable blood sugar levels, which is important for kidney health," says Ruz. 

5. Garlic

Illustration. Garlic is one of the best foods for kidney health. (iStockphoto/Amarita)

Ruz said garlic functions as a powerful anti-inflammatory agent and has been shown to help lower blood pressure, which is beneficial for kidney function. 
"In addition, garlic helps fight oxidative damage caused by kidney disease, thereby supporting the prevention of further kidney damage," he adds. 

5 Worst foods for kidneys

What are the worst foods for kidney health? Here's the list:

1. Dark soda

Soda, especially dark colored soda like cola, contains a lot of artificial phosphorus. Phosphorus is a mineral necessary for strong bones, and healthy kidneys can easily filter excess phosphorus from food. But Ruz warns against the artificial phosphorus found in dark-colored sodas, as it can be bad for the kidneys. "Dietitians often advise against consuming black soda, as it is also a significant source of added sugar. To maintain kidney health, it's best to skip it."

2. Frozen food

Illustration. Frozen food is one of the worst foods for kidney health. (iStockphoto/Etiennevoss)

Frozen processed foods contain a lot of sodium even though they are easy to prepare. "Because managing salt intake is so important for kidney health, we generally recommend not relying on most frozen foods," says Ruz. 
The National Kidney Foundation recommends that most people stick to a limit of 2,300 mg of sodium per day. Those with kidney disease or high blood pressure should limit sodium intake to 1,500 mg per day. 

3. Fast food

Fast food is often high in saturated fat, sugar, and calories, and low in nutrients. 
"A kidney-friendly diet should essentially consist of a variety of fruits and vegetables, complex carbohydrates, and lean protein. Fast foods, which are rich in sodium, saturated fat, and phosphorus, are devoid of the beneficial nutrients needed for kidney health," says Ruz. "Even though it is convenient, it is advisable to limit consumption of fast food," he added. 

4. Processed cheese

If you look closely at the labels of cheese products on the market, they are often not "ordinary cheese." Ruz said that processed cheese products are often added with excessive sodium and phosphorus which are not good for kidney health. 

5. Large amounts of meat

Illustration. Large amounts of meat are among the worst foods for kidney health. (iStockphoto/kazuma seki)

Protein is very important for cell growth and repair, but experts do not recommend consuming excessive amounts. 
"Excessive consumption of animal protein can put a burden on the kidneys. Animal protein produces high levels of acid in the blood, which must be eliminated by the kidneys. Limiting meat intake is a mindful approach to maintaining kidney health," says Ruz. 

This doesn't mean you shouldn't eat meat, because healthy kidneys will easily filter out these acids. Meat offers many health benefits, but if you are concerned about your kidney health, talk to your doctor about how much meat you should eat. 

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال