10 Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal yang Perlu Diwaspadai

10 Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal yang Perlu Diwaspadai

Foto: 10 Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal yang Perlu Diwaspadai /Freepik/Tonodiaz

 - Tanda-tanda gangguan kesehatan memang bisa dicermati. Menjaga kesehatan adalah hal yang penting bagi semua orang. Sebab kesehatan merupakan kunci terpenting dalam berfungsinya tubuh.

Namun, dalam situasi yang terganggu, tubuh bereaksi dengan gejala berbeda. Salah satunya adalah gejala yang muncul pada tangan.

Mengapa gejala sakit ginjal perlu diwaspadai?

Ginjal adalah organ yang berfungsi menyaring kelebihan air dan limbah dari darah, dan keduanya dikeluarkan melalui urin. Selain itu, organ berbentuk kacang ini juga membantu dalam mengontrol tekanan darah.
Sementara itu, penyakit ginjal terjadi ketika ginjal mengalami kerusakan sehingga tidak dapat menyaring darah secara maksimal. Akibatnya, residu racun menumpuk di dalam tubuh.

Penurunan fungsi ginjal terjadi secara perlahan, meski perlahan, namun ternyata berdampak pada aktivitas Anda sehari-hari. Jika gejala penyakit ginjal diabaikan, penyakit tersebut dapat memicu masalah kesehatan lainnya. Racun yang tidak dikeluarkan oleh ginjal dapat menyebabkan detak jantung tidak normal bahkan kematian mendadak. Oleh karena itu, gejala penyakit ginjal yang bisa menyerupai penyakit lain tidak boleh dianggap remeh.

Ciri-ciri dan gejala sakit ginjal

Mengutip Hallo Sehat, Senin 13 November 2023, menurut laporan dari Kidney Health Australia, kebanyakan orang telah kehilangan hingga 90% fungsi ginjalnya sebelum mereka mengalami gejala penyakit ginjal. Namun, ada beberapa tanda yang menunjukkan adanya gangguan fungsi ginjal.

Foto: 10 Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal yang Perlu Diwaspadai /Freepik/Tonodiaz
Di bawah ini adalah beberapa gejala yang menunjukkan Anda memiliki masalah ginjal dan mungkin perlu ke dokter.

1. Warna urine berubah

Perubahan warna urin adalah gejala paling penting dari masalah ginjal. Biasanya gejala penyakit ginjal ini menunjukkan warna urin menjadi keruh dari biasanya. Hal ini sangat mungkin terjadi karena ginjal memproduksi urine sehingga jika fungsinya menurun maka urine bisa berubah.
Selain itu, kebiasaan buang air kecil dapat berubah lebih sering atau lebih jarang. Jika Anda memiliki salah satu masalah saluran kemih berikut, segera temui dokter Anda.

Perubahan tekanan aliran kencing saat buang air kecil.

Kencing berbusa akibat adanya protein dalam urine (proteinuria).

Bercak darah yang keluar dengan urine (hematuria).

Nyeri saat buang air kecil.

2. Sakit punggung

Selain perubahan warna urine dan gangguan buang air kecil, gejala penyakit ginjal juga bisa ditandai dengan nyeri pada pinggang bagian belakang. Hal ini bisa terjadi karena ginjal terletak di bagian belakang perut, tepat di sebelah tulang belakang di punggung bawah.
Gejala gangguan ginjal diwujudkan dengan batu ginjal yang membengkak dan tersangkut di ureter sehingga memberikan tekanan pada punggung. Akibatnya muncul rasa nyeri di pinggang bagian belakang. Selain itu, infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan nyeri ini.

3. mudah lelah

Pada orang sehat, ginjal memproduksi EPO (eritropoietin), yang dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam darah Anda. Sel darah merah ini membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda. Jika ginjal kekurangan EPO, kadar oksigen pun menurun dan melemahkan tubuh. Oleh karena itu, kelelahan ringan bisa menjadi gejala penyakit ginjal yang sering ditemui namun sering diabaikan.
Selain itu, penyakit ginjal yang terabaikan juga dapat menimbulkan komplikasi berupa anemia yang mudah membuat Anda lemas dan lelah.

3. Tangan dan kaki bengkak

Ginjal merupakan organ yang bertugas menyaring cairan dalam tubuh. Jika tidak tersaring dengan baik, beberapa bagian tubuh seperti tangan dan kaki bisa membengkak. Ini karena protein yang melewati filtrasi ginjal dan dikeluarkan melalui urin menyebabkan retensi cairan dan pembengkakan.
Oleh karena itu, pembengkakan pada tangan dan kaki bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Selain kedua bagian tubuh tersebut, penderita ginjal rusak juga mengalami pembengkakan pada mata.

4. Kulit kering dan gatal

Kulit gatal dan memerah juga bisa menjadi salah satu gejala umum penyakit ginjal. Ginjal yang berfungsi dengan baik mampu membuang produk limbah dan cairan dari tubuh, sehingga membantu menjaga jumlah mineral yang tepat dalam darah.
Jika fungsi ginjal bermasalah, kulit bisa menjadi kering dan gatal karena organ tersebut tidak dapat menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah. Kulit kering dan gatal dapat diobati dengan salep atau krim, namun perawatan ini tidak akan mengobati kerusakan ginjal.

Oleh karena itu, tanda-tanda penyakit ginjal yang bisa menyerupai penyakit umum, termasuk kulit kering dan gatal-gatal, tidak boleh dianggap remeh.

5. Sering merasa mual dan muntah

Penumpukan limbah atau limbah beracun dalam darah (uremia) juga dapat menyebabkan mual dan muntah.
Hal ini disebabkan adanya gangguan pada pusat refleks muntah di otak dan saluran pencernaan sehingga menimbulkan dua sensasi tidak menyenangkan tersebut.
Mual dan muntah serta kehilangan nafsu makan juga bisa menjadi gejala yang sulit dikenali oleh orang lain sebagai penyakit ginjal. Padahal, kedua gejala tersebut bisa menyebabkan kenaikan berat badan secara drastis dan memperburuk kondisi tubuh.

6. Sesak napas

Sesak napas bisa menjadi gejala penyakit ginjal karena dua alasan. Pertama, gangguan ginjal menyebabkan cairan masuk dan menumpuk di paru-paru melalui darah, atau biasa disebut edema paru.
Kemudian, anemia akibat kekurangan sel darah merah pembawa oksigen menyebabkan tubuh kekurangan oksigen sehingga sulit bernapas. Kondisi ini akhirnya menyebabkan seseorang dengan gangguan ginjal mengalami kesulitan bernapas dan sesak napas.

7. Rasa besi di mulut

Tahukah Anda kalau rasa besi di mulut bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal yang mungkin mirip dengan penyakit lainnya?
Faktanya, orang dengan ginjal rusak bisa merasakan rasa tidak enak di lidah. Pasalnya, tubuh terlalu banyak mengandung racun dan bisa Anda rasakan langsung di mulut.
Penumpukan produk limbah dalam darah (uremia) tidak hanya menyebabkan rasa besi di mulut, tapi juga menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, tidak jarang nafsu makan menurun ketika tanda-tanda gangguan ginjal muncul di tubuh.
Editor: Adrianus T. Jaya
Ginjal yang bermasalah juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. Akibatnya, tubuh mengalami penurunan kadar kalsium dan fosfor yang tidak terkendali sehingga menimbulkan gejala penyakit ginjal berupa kram otot.
Di sisi lain, kram otot juga bisa disebabkan oleh kerusakan saraf atau gangguan peredaran darah akibat kelainan ginjal. Jika Anda mengalami gejala penyakit ginjal tersebut, sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

9. Kesulitan berkonsentrasi dan pusing

Pusing dan sulit berkonsentrasi merupakan dua gejala awal penyakit ginjal yang sering terabaikan. Pasalnya, keduanya sering disalahpahami karena stres atau sekadar kelelahan. Padahal, sulit konsentrasi dan pusing bisa menjadi tanda Anda mengalami gangguan ginjal.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh ginjal yang tidak berfungsi dengan baik sehingga oksigen tidak terdistribusi secara merata ke seluruh tubuh, termasuk otak. Otak tanpa oksigen dapat menyebabkan pusing, sulit berkonsentrasi bahkan mengganggu daya ingat seseorang.

10. Mengalami gangguan tidur

Bagi sebagian orang, jadwal tidur yang terganggu mungkin merupakan hal yang wajar karena tampaknya berkaitan erat dengan stres sehari-hari. Namun gangguan tidur bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal yang kurang mendapat perhatian. Gangguan tidur biasanya terjadi pada penderita penyakit ginjal kronis atau stadium akhir. Penderita penyakit ginjal tidak bisa tidur nyenyak karena ginjal tidak menyaring secara maksimal. Alih-alih dikeluarkan melalui urin, racun terus menumpuk di dalam darah. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, gejala penyakit ginjal lainnya bisa bertambah parah. Misalnya saja gangguan tidur yang dapat menyebabkan kelelahan dan kantuk di siang hari serta mengganggu fungsi kognitif.
Hal ini pasti dapat mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan, jadi menemui dokter adalah cara yang tepat.

Kapan perlu periksa ke dokter?

Gejala sakit ginjal yang telah disebutkan memang cukup umum dan mungkin disebabkan oleh penyakit lainnya. Akan tetapi, beberapa kasus memperlihatkan bahwa kondisi tersebut berhubungan dengan penyakit ginjal. Apabila gejala tersebut dibiarkan, tentu dapat memperburuk kondisi ginjal mengingat fungsinya menurun secara bertahap. Maka dari itu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ketika Anda mengalami gejala penyakit ginjal yang telah disebutkan di atas. Selain itu, jika anda memiliki penyakit lain seperti diabetes atau hipertensi, sebaiknya anda lebih sering memeriksakan ginjal Anda ke dokter. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan perawatan sedini mungkin dan mencegah risiko komplikasi dari penyakit ginjal.***



10 Characteristics of Early Stage Kidney Disease to Watch Out for

Photo: 10 Characteristics of Early Stage Kidney Disease to Watch Out for /Freepik/Tonodiaz

 - Signs of health problems can be observed. Maintaining health is important for everyone. Because health is the most important key in the functioning of the body. However, in disturbed situations, the body reacts with different symptoms. One of them is the symptoms that appear on the hands. Why do you need to be aware of the symptoms of kidney disease? 

The kidneys are organs that function to filter excess water and waste from the blood, and both are excreted through urine. Apart from that, this bean-shaped organ also helps in controlling blood pressure. 
Meanwhile, kidney disease occurs when the kidneys are damaged so they cannot filter blood optimally. As a result, toxic residues accumulate in the body. 

The decline in kidney function occurs slowly, although slowly, it turns out to have an impact on your daily activities. If the symptoms of kidney disease are ignored, the disease can trigger other health problems. Toxins that are not excreted by the kidneys can cause abnormal heartbeats and even sudden death. Therefore, the symptoms of kidney disease which can resemble other diseases should not be underestimated. 

Characteristics and symptoms of kidney disease

Quoting Hallo Sehat, Monday 13 November 2023, according to a report from Kidney Health Australia, most people have lost up to 90% of their kidney function before they experience symptoms of kidney disease. However, there are several signs that indicate impaired kidney function. 
Editor: Adrianus T. Jaya

Photo: 10 Characteristics of Early Stage Kidney Disease to Watch Out for /Freepik/Tonodiaz

Below are some symptoms that indicate you have kidney problems and may need to see a doctor. 

1. The color of urine changes

Change in urine color is the most important symptom of kidney problems. Usually the symptoms of kidney disease show that the color of the urine becomes cloudier than usual. This is very possible because the kidneys produce urine, so if their function decreases, urine can change. 
In addition, urination habits may change more frequently or less frequently. If you have any of the following urinary tract problems, see your doctor immediately. 

Changes in urinary pressure during urination. 

Foamy urine due to protein in the urine (proteinuria). 

Blood spots in the urine (hematuria). 

Pain when urinating. 

2. Back pain

Apart from changes in urine color and urination problems, symptoms of kidney disease can also be characterized by pain in the back of the waist. This can happen because the kidneys are located in the back of the stomach, right next to the spine in the lower back. 
Symptoms of kidney problems are manifested by kidney stones that swell and get stuck in the ureter, thereby putting pressure on the back. As a result, pain appears in the back of the waist. Apart from that, urinary tract infections can also cause this pain. 

3. get tired easily

In healthy people, the kidneys produce EPO (erythropoietin), which can increase the number of red blood cells in your blood. These red blood cells carry oxygen throughout your body. 
Editor: Adrianus T. Jaya
If the kidneys lack EPO, oxygen levels decrease and weaken the body. Therefore, mild fatigue can be a common but often overlooked symptom of kidney disease. 
Apart from that, neglected kidney disease can also cause complications in the form of anemia which can easily make you weak and tired. 

3. Swollen hands and feet

Kidneys are organs whose job is to filter fluids in the body. If it is not filtered properly, some parts of the body such as the hands and feet can swell. This is because protein passes through kidney filtration and is excreted in the urine causing fluid retention and swelling. 
Therefore, swelling of the hands and feet can be a sign of kidney disease. Apart from these two parts of the body, people with damaged kidneys also experience swelling in the eyes. 

4. Dry and itchy skin

Itchy and red skin can also be a common symptom of kidney disease. Well-functioning kidneys are able to remove waste products and fluids from the body, thereby helping maintain the right amount of minerals in the blood. 
If kidney function is problematic, the skin can become dry and itchy because the organ cannot maintain the balance of minerals and nutrients in the blood. Dry, itchy skin can be treated with ointments or creams, but these treatments will not treat kidney damage. Therefore, signs of kidney disease that can resemble common illnesses, including dry skin and itching, should not be taken lightly. 

5. Often feel nauseous and vomit

A buildup of waste or toxic waste in the blood (uremia) can also cause nausea and vomiting. 
This is due to disturbances in the gag reflex center in the brain and digestive tract, causing these two unpleasant sensations. Nausea and vomiting and loss of appetite can also be symptoms that are difficult for others to recognize as kidney disease. In fact, these two symptoms can cause drastic weight gain and worsen body condition. 

6. Shortness of breath

Shortness of breath can be a symptom of kidney disease for two reasons. First, kidney disorders cause fluid to enter and accumulate in the lungs through the blood, or what is usually called pulmonary edema. 
Then, anemia due to a lack of oxygen-carrying red blood cells causes the body to lack oxygen, making it difficult to breathe. This condition ultimately causes a person with kidney problems to experience difficulty breathing and shortness of breath. 

7. Iron taste in the mouth

Did you know that the taste of iron in the mouth can be a symptom of kidney disease which may be similar to other diseases? In fact, people with damaged kidneys can experience an unpleasant taste on the tongue. The reason is, the body contains too many toxins and you can feel them directly in your mouth. 
A buildup of waste products in the blood (uremia) not only causes an iron taste in the mouth, but also causes bad breath. Therefore, it is not uncommon for appetite to decrease when signs of kidney problems appear in the body. 

Problematic kidneys can also cause electrolyte imbalances. As a result, the body experiences an uncontrolled decrease in calcium and phosphorus levels, causing symptoms of kidney disease in the form of muscle cramps. 
On the other hand, muscle cramps can also be caused by nerve damage or blood circulation problems due to kidney disorders. If you experience symptoms of kidney disease, you should see a doctor to get the right treatment. 

9. Difficulty concentrating and dizziness

Dizziness and difficulty concentrating are two early symptoms of kidney disease that are often overlooked. The reason is, both are often misunderstood as due to stress or simply fatigue. In fact, difficulty concentrating and dizziness can be a sign that you have kidney problems. 

This condition can be caused by the kidneys not functioning properly so that oxygen is not distributed evenly throughout the body, including the brain. A brain without oxygen can cause dizziness, difficulty concentrating and even disrupt a person's memory. 

10. Experiencing sleep disorders

For some people, a disturbed sleep schedule may be normal because it seems closely related to daily stress. However, sleep disturbances can be a symptom of kidney disease that does not receive enough attention. 
Sleep disorders usually occur in people with chronic or end-stage kidney disease. People with kidney disease cannot sleep soundly because the kidneys do not filter optimally. Instead of being excreted through urine, toxins continue to accumulate in the blood. If this condition is not treated properly, other symptoms of kidney disease can get worse. For example, sleep disorders can cause fatigue and sleepiness during the day and interfere with cognitive function. 
This can definitely affect your overall quality of life, so seeing a doctor is the way to go. 

When do you need to see a doctor? 

The symptoms of kidney disease that have been mentioned are quite common and may be caused by other diseases. However, some cases show that this condition is related to kidney disease. 
If these symptoms are ignored, it can certainly worsen the condition of the kidneys considering that their function decreases gradually. Therefore, you should immediately consult a doctor when you experience the symptoms of kidney disease mentioned above. 
Apart from that, if you have other diseases such as diabetes or hypertension, you should have your kidneys checked by a doctor more often. This aims to get treatment as early as possible and prevent the risk of complications from kidney disease.***

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال