Kenali ciri-ciri seseorang yang terkena HIV melalui beberapa gejala yang terjadi pada kulit

Kenali ciri-ciri seseorang yang terkena HIV melalui beberapa gejala yang terjadi pada kulit


Ilustrasi gejala kulit yang terjadi pada penderita HIV (Freepik)
Hops.ID – Human Immunodeficiency Virus atau yang biasa dikenal HIV merupakan sebuah penyakit yang menyerang imunitas seseorang yang berfungsi untuk melawan benda-benda atau hal asing yang ada pada tubuh kita yang dapat ditularkan akibat hubungan seksual dengan seorang penderita.

Seseorang tidak akan sadar secara langsung apabila sedang terkena HIV, gejala HIV sendiri pada biasanya seperti demam, flu, sakit kepala dan tengggorokan.
Selain gejala-gejala tersebut, HIV dapat menimbulkan gejala penyakit pada kulit yang jarang diketahui oleh orang. Biasanya gejala yang timbul pada kulit ini merupakan tanda awal seseorang terkena HIV.
Berikut tanda-tanda kulit orang yang terkena HIV yang dirangkum dari YouTube Saddam Ismail pada 31 Agustus 2023:
Kutil pada kelamin

Orang yang terkena HIV memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang baik, akhirnya tubuh orang tersebut tidak dapat melawan infeksi yang terjadi pada tubuh, termasuk melawan infeksi Human Papillomavirus (HPV) yang menyebabkan terdapat kutil pada kelamin.
Mesin kutil kelamin tidak berbahaya namun dapat menyebabkan kanker serviks bahkan anus.
Ruam pada tubuh
Orang yang terkena HIV dapat muncul ruam pada tubuhnya 2 hingga 4 minggu setelah terinfeksi HIV. Ruam yang muncul pada penderita HIV biasanya memiliki benjolan kecil pada ruamnya.
Ruam ini biasanya muncul pertatma kali pada bagian tubuh atas seperti dada, punggung, perut hingga pingang lalu menyebar kebagian tangan hingga wajah. Ruam pada penderita HIV biasanya akan terasa gatal dan nyeri.
Kudis

Kudis atau scabies biasanya disebabkan oleh oleh tungau scabies yang biasanya muncul di sela-sela jari dan kaki.
Namun yang membedakan kudis pada penderita HIV dan bukan adalah kudis tersebut memiliki kerak-kerak seperti nanah pada lukanya yang tidak dimiliki oleh orang pada umumnya.
Foliculitis Eosinofilica (FE)

Orang yang terkena HIV biasanya akan terserang oleh Folikulitis Eosinofilik yang memiliki singkatan FE. FE adalah suatu kondisi yang mengakibatkan peradangan pada folikel rambut atau tempat rambut tubuh.
Karena pada sela-sela rambut memiliki rongga sehingga sering sekali bakteri atau kuman masuk lewat bagian ini.
Prurigo Nodularis
Prurigo Nodularis adalah kondisi kulit dimana terdapat benjolan besar yang disertai oleh rasa gatal yang dapat muncul di bagian leher, bahu, pinggang hingga kaki.
Fotodermatitis
Orang yang terkena HIV tidak sedikit menjadi lebih sensitif pada paparan sinar matahari sehingga menyebabkan kulit merah pada bagian wajah, dada, hingga kuping.***


Get to know the characteristics of someone who has HIV through some of the symptoms that occur on the skin



Illustration of skin symptoms that occur in HIV sufferers (Freepik)
Hops.ID – Human Immunodeficiency Virus or commonly known HIV is a disease that attacks a person's immunity which functions to fight foreign objects or things in our body that can be transmitted due to sexual intercourse with a sufferer. 

A person will not be aware immediately if they are exposed to HIV, the symptoms of HIV itself are usually fever, flu, headache and sore throat. 
Apart from these symptoms, HIV can cause symptoms of skin diseases that people rarely know about. Usually these symptoms that appear on the skin are an early sign that someone is infected with HIV. 
The following are the skin signs of people affected by HIV summarized from YouTube Saddam Ismail on August 31, 2023:
Genital warts

People infected with HIV have a poor immune system, in the end the person's body cannot fight infections that occur in the body, including against Human Papillomavirus (HPV) infection which causes genital warts. 
Genital warts are harmless but can cause cervical and even anal cancer. 
Rash on the body
People infected with HIV may develop a rash on their body 2 to 4 weeks after being infected with HIV. The rash that appears in people with HIV usually has small bumps on the rash. 
This rash usually appears first on the upper body such as the chest, back, stomach to the waist and then spreads to the hands and face. Rashes in HIV sufferers will usually feel itchy and painful. 
Scabies

Scabies or scabies is usually caused by a scabies mite which usually appears between the fingers and toes. 
However, what distinguishes scabies in people with HIV and not is that scabies has crusts like pus on the wound that most people don't have. 
Eosinophilic Folliculitis (FE)

People who are infected with HIV will usually be attacked by Eosinophilic Folliculitis which has the abbreviation FE. FE is a condition that causes inflammation of the hair follicles or areas of body hair. 
Because there are cavities between the hair, so bacteria or germs often enter through this section. 
Prurigo Nodularis
Prurigo Nodularis is a skin condition where there are large lumps accompanied by itching that can appear on the neck, shoulders, waist and feet. 
Photodermatitis
People who are infected with HIV become more sensitive to sun exposure, causing red skin on the face, chest and ears.***

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال