Kenali Gejala Kanker Otak, Bukan Sakit Kepala Biasa

Kenali Gejala Kanker Otak, Bukan Sakit Kepala Biasa


Kanker otak terjadi karena adanya tumor ganas. Gejala yang paling umum adalah sakit kepala terus menerus disertai rasa mual dan muntah. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kanker otak ini rentan terjadi pada anak-anak dan orang dewasa berusia 20-40 tahun. 

Penyakit kanker otak ini sulit disembuhkan. Jika tidak segera mendapatkan penanganan lebih lanjut, kanker otak kemungkinan berlanjut hingga stadium akhir, bahkan menyebabkan kematian. 

Sahabat MIKA, karena deteksi dini  lebih baik dan dapat memberikan perbedaan signifikan pada hasil pengobatan, yuk simak artikel berikut ini untuk mengenali gejala kanker otak lebih lanjut. 

10 gejala kanker otak yang wajib diketahui

Sahabat MIKA, berikut ini adalah ciri-ciri kanker otak yang patut Anda waspadai:

1. Sakit kepala

Seperti yang dikatakan sebelumnya, sakit kepala menjadi gejala kanker otak yang umum terjadi. Tentunya, bukan seperti sakit kepala biasa seperti migrain. Rasa nyeri terjadi pada beberapa titik karena pertumbuhan tumor. Pada kondisi tertentu, dokter akan menganjurkan Sahabat MIKA melakukan Magnetic resonance imaging (MRI) untuk mendeteksi gejala sakit kepala hebat tersebut.

Nah, Sahabat MIKA bisa mengunjungi Mitra Keluarga terdekat untuk melakukan MRI.

2. Kejang

Penderita kanker otak juga bisa mengalami kejang, yang bisa disertai gejala lain seperti kehilangan kesadaran dan kontrol tubuh, kehilangan penciuman dan penglihatan, serta gerakan berulang.

3. Mual dan muntah

Selain infeksi saluran pencernaan, rasa mual dan muntah dapat juga dipicu oleh peningkatan tekanan rongga kepala yang salah satu penyebabnya adalah adanya tumor pada otak. 

4. Gangguan penglihatan

Apabila tumor terletak di sekitar organ penglihatan Anda, kemungkinan fungsi penglihatan juga ikut terganggu karena peningkatan tekanan pada rongga kepala dan kerusakan saraf optik. 

Apa saja gangguan penglihatan yang mungkin dirasakan? Misalnya penglihatan kabur, buta warna, hingga kebutaan sebagian dan total. 

5. Rusaknya sistem saraf dan sumsum tulang belakang

Kanker otak juga berdampak fatal terhadap fungsi sistem saraf dan sumsum tulang belakang. Tanda-tanda jika kedua sistem koordinasi ini terganggu adalah sering bergerak dengan tak terkendali dan kesemutan pada anggota tubuh. Ditambah lagi dengan hilangnya sensorik pada wajah, serta gangguan kontrol pada saluran kemih dan buang air besar. 

6. Mudah kebingungan

Pada pasien kanker otak sering timbul gejala mudah kebingungan akan banyak hal, termasuk dengan identitas dirinya sendiri. Namun, gejala ini tentunya dapat dibantu dengan pengobatan dan terapi oleh dokter spesialis Bedah saraf Mitra Keluarga serta dukungan orang terdekat. 

7. Lupa ingatan

Disamping kebingungan, gejala kanker otak lainnya adalah kesulitan mengingat. Jika pertumbuhan tumor semakin parah, pasien dapat mengalami halusinasi dan sulit memberi respon. Salah satu cara mencegah agar tumor ganas tidak berkembang lebih lanjut  adalah dengan tindakan operasi. 

 

8. Mengalami gangguan tidur

Siklus tidur yang berantakan merupakan efek dari peningkatan tekanan pada rongga kepala, yang berujung pada gangguan kognitif dan kelelahan. Terkadang mereka bisa bangun tidur lebih awal, terlambat, atau keadaan setelah bangun tidur menjadi tidak segar. 

9. Gangguan lisan

Disfasia biasa dialami oleh penderita kanker otak, yaitu gangguan untuk memahami bahasa dan lisan. Karena pengaruh dari tumor otak yang ganas, mereka akan kesulitan untuk mengingat bahasa, sehingga mengurangi kemampuan lisan saat berkomunikasi. Rehabilitasi bagi pasien kanker otak juga berfungsi untuk memperbaiki kemampuan berbahasa dan menangkap informasi secara lisan. 

10. Gangguan pendengaran

Kanker otak dapat merusak sistem saraf vestibulokoklear yang bertanggung jawab terhadap keseimbangan dan pendengaran. Ditandai dengan suara berdenging, kehilangan keseimbangan, vertigo, dan otot wajah yang melemah. Untuk mengetahui diagnosis lebih lanjut, Anda bisa konsultasi dengan dokter THT Mitra Keluarga

Gejala kanker otak mulai terasa? Segera konsultasikan dengan dokter spesialis saraf!

Gejala kanker otak awalnya memang seperti rasa nyeri yang biasa Anda hadapi, seperti sakit kepala, pendengaran terganggu, kehilangan fokus, bahkan rasa mual dan muntah. Pertumbuhan tumor yang ganas dapat mengganggu segala kerja sistem koordinasi tubuh Anda. Jika gejala dan tanda-tanda kanker otak ini mungkin dirasakan oleh Anda atau kerabat tersayang, segera konsultasi ke dokter spesialis saraf

Bagi Sahabat MIKA yang berada di area Jabodetabek, Tegal, dan Surabaya, Mitra 


 menyediakan layanan rehabilitasi dan kemoterapi dengan teknologi modern untuk penanganan kanker. Didukung oleh tenaga medis profesional, Mitra Keluarga selalu siap melayani Anda. 

Konsultasi dengan dokter kami jadi lebih mudah dengan buat janji konsultasi melalui website Mitra Keluarga. 

 

Semoga informasi ini bermanfaat, ya! Jangan lupa untuk selalu sehat dan bahagia. 

 Mitra Keluarga,

Life. Love. Laughter. 

 

Sumber:

Cytecare Cancer Hospital. The 10 Most Common Brain Tumor Symptoms. [daring]. 

https://cytecare.com/blog/brain-cancer/brain-cancer-the-10-most-common-symptoms/

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2022. Kenali Gejala Dan Cara Pencegahan Kanker Otak. [daring].

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/713/kenali-gejala-dan-cara-pencegahan-kanker-otak

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال