Cara Cegah Gangguan Penyalahgunaan Zat Terlarang

Cara Cegah Gangguan Penyalahgunaan Zat Terlarang




"Orang tua perlu mengetahui cara mencegah narkoba pada anak remaja. Seperti misalnya dengan membantu mengelola stres anak sampai mengedukasinya soal bahaya narkoba."

 - Para orang tua perlu mengetahui cara mencegah narkoba pada remaja. Pasalnya, remaja merupakan kelompok yang paling rentan terjerumus ke dalam perilaku negatif ini. 

Di masa ini, rasa keingintahuan anak sangat besar untuk mencoba hal-hal baru. Itu sebabnya, orang tua perlu mengawasi, memberi perhatian lebih, dan mengarahkan anak ke hal-hal yang positif. Yuk simak langkah tepat mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja berikut ini!

Cara Mencegah Narkoba

Berikut sejumlah cara untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja:

1. Jangan tergiur oleh ajakan teman

Pergaulan bisa menjadi faktor terbesar dalam penyalahgunaan narkoba. Maka dari itu, cara mencegah narkoba yang bisa orang tua lakukan yakni mengetahui dengan siapa anak bergaul. Apabila teman sebayanya cenderung berperilaku negatif, sebaiknya mulai nasehati agar anak tidak tergiur oleh ajakan temannya. Ibu bisa ajak anak untuk mengetahui pencegahannya 

2. Bantu anak untuk mengelola stres dengan baik

Tak hanya orang dewasa saja, anak remaja nyatanya juga rentan mengalami stres. Banyak hal yang bisa memicu stres pada anak. Mulai dari tugas sekolah, pergaulan, maupun perubahan biologis yang dialami anak selama masa transisi dari usia remaja ke dewasa.

READ MORE

Di sini pemantauann amat remaja butuhkan supaya mereka tidak melepaskan stresnya dengan mencicipi narkoba. Salah satu cara yang tepat adalah dengan mengajaknya bicara terkait keluhan yang tengah dihadapi anak. Bicarakan baik-baik dan jangan terkesan menghakimi supaya anak bisa lebih terbuka. 

3. Minta bantuan profesional

Apabila stres yang dialami anak sudah semakin parah bahkan mengarah ke tanda-tanda depresi, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional. Orang tua bisa mengajak anak untuk menemui psikolog atau psikiater. Mereka bisa membantu menangani gangguan kesehatan mental yang menimpa anak. 

4. Hindari minum alkohol

Alkohol dan penyalahgunaan zat sering berjalan beriringan. Seseorang yang mengonsumsi minuman keras cenderung menjadi impulsif sehingga mudah tergiur dengan narkoba. 

Sebaiknya, jangan pernah meminum minuman alkohol di hadapan anak. Jadilah contoh yang baik bagi mereka. Berikan pengertian kepada mereka apa bahaya dari mengonsumsi alkohol dan narkoba. 

5. Buat anak lebih percaya diri

Nyatanya, tak sedikit orang yang menggunakan narkoba karena sering tidak percaya diri. Mereka merasa tidak bahagia dan tidak berguna di hidupnya. Oleh sebab itu, cara mencegah narkoba menurut BNN salah satunya dengan meningkatkan rasa percaya diri.

Orang tua bisa membantu anak untuk memperbaiki penampilannya, mendorongnya untuk melakukan hobi yang disukai dan mendorongnya untuk memulai pertemanan. 

6. Berlatih teknik relaksasi

Teknik relaksasi bisa menjadi cara instan untuk meredakan stres sementara. Metode ini terbukti menenangkan batin dan pikiran. Sayangnya, generasi muda saat ini tidak melakukannya dan lebih memilih melakukan hal-hal yang berisiko. 

Orang tua bisa mengarahkan anak untuk mulai berlatih teknik relaksasi sebagai cara mencegah narkoba. Aktivitas ini dapat dilakukan di pagi atau sore hari.

7. Catat ke dalam jurnal

Jika anak cenderung pemalu untuk mengungkapkan isi hatinya, orang tua bisa mendorongnya untuk menulis journal. Mereka bisa menuangkan isi hati maupun rencana kehidupan ke depannya. 

8. Rutin berolahraga

Olahraga punya segudang manfaat kesehatan, baik untuk fisik maupun mental. Pasalnya, aktivitas ini terbukti menghasilkan berbagai hormon bahagia, seperti endorfin, dopamin, adrenalin, dan endocannabinoid.

Dengan begitu, stres, kecemasan hingga depresi bisa terhindari. Mulai dorong anak untuk rutin berolahraga sebagai cara mencegah narkoba. 

9. Edukasi anak soal bahaya narkoba

Mulai edukasi anak soal bahaya narkoba sedini mungkin. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai cara mencegah narkoba. Beri mereka penjelasan apa itu narkoba, jenis-jenis narkoba dan dampak yang timbul saat memakai narkoba. Jangan sampai disitu saja, beri tahu juga soal hukum narkoba di Indonesia

Di Indonesia sendiri, narkoba adalah barang ilegal dan pemakainya bisa dikenakan sanksi hukum. Undang Undang Nomor 35 tahun 2009 menyatakan bahwa pemakai maupun pengedar bisa dipenjara minimal 4 tahun dan denda maksimal 10 Milyar. Bahkan, konsekuensi paling beratnya adalah hukuman mati.

Orang tua juga bisa menyarankan guru-guru di sekolah untuk mengadakan sosialisasi tentang narkoba. Untuk mengetahuinya lebih lanjut.

10. Eratkan hubungan antara orang tua dan anak

Tidak sedikit orang tua yang justru tidak dekat dengan anaknya. Ditengah kesibukan ayah dan ibu, sebaiknya tetap mempererat hubungan dengan anak. Luangkan waktu untuk menghabiskan waktu dengan anak atau sekedar mengobrol di sela waktu makan malam

Jangan lupa berikan pujian dan apresiasi di setiap pilihan anak. Posisikan diri sebagai teman dan sahabat supaya anak nyaman dan lebih terbuka dengan orang tua. 

Dampak Penyalahgunaan Narkoba

Mengetahui dampak penyalahgunaan narkoba juga termasuk cara untuk mencegah narkoba pada remaja. Nah, berikut sederet efek negatif narkoba yang bisa menyasar fisik dan mental:

1. Menurunkan fungsi otak

Pemakaian narkoba terlalu sering atau dalam jangka panjang bisa menurunkan fungsi otak. Pasalnya, obat terlarang ini memaksa otak untuk bekerja lebih cepat melebihi kapasitasnya. Bukan itu saja, narkoba juga bisa menekan saraf pusat untuk menimbulkan efek ketenangan. 

Perubahan sel otak ini lantas mengganggu komunikasi antar sel saraf sehingga otak bisa rusak secara permanen. Meski telah berhenti menggunakannya, efeknya tidak mudah hilang begitu saja. 

Proses penyembuhannya bisa memakan waktu yang cukup lama. Bahkan, efek kecanduan narkoba ini bisa bertahan seumur hidup. 

2. Dehidrasi

Seseorang yang menggunakan narkoba juga rentan mengalami ketidakseimbangan elektrolit. Alhasil, mereka sangat rentan mengalami dehidrasi.

Gejala dehidrasi akibat narkoba bisa berupa sakit dada, halusinasi, kejang dan halusinasi. Apabila dibiarkan tanpa penanganan, efek tersebut mampu merusak otak.

3. Masalah memori

Salah satu efek narkoba yang paling kentara adalah masalah memori. Malahan, obat terlarang ini bisa menurunkan kesadaran hingga hilang ingatan.

Alasannya, narkoba memiliki efek sedatif sehingga menimbulkan gejala seperti kebingungan, hilang ingatan, perubahan perilaku, penurunan kesadaran dan gangguan koordinasi tubuh. 

4. Menurunkan kualitas hidup

Akibat efek-efek di atas, kualitas hidup pengguna narkoba tentu saja bisa menurun. Setelah terjerumus ke dalam jurang narkoba, pemakainya akan terus kecanduan untuk menambah dosis. 

Jika tidak terpenuhi, mereka bahkan bisa sampai nekat untuk mencuri demi memuaskan hasratnya. Tindakan ini tentu saja melanggar hukum sehingga pemakainya mendapatkan sanksi seperti dipenjara.

5. Kematian

Dampak memakai narkoba yang paling fatal adalah kematian. Risikonya meningkat saat pemakainya mengonsumsi dalam kadar berlebihan. Jika tubuh tidak mampu mentoleransi sosis yang sangat tinggi ini, pengidapnya bisa mengalami overdosis. 

Ciri-ciri overdosis akibat narkoba meliputi kejang-kejang, mulut berbusa, dan bola mata yang mengarah ke atas. 

Itulah informasi seputar pencegahan narkoba dan dampaknya. Lakukan tips-tips di atas sebagai cara mencegah narkoba pada anak remaja. Ibu dan ayah juga bisa menghubungi psikolog atau psikiater untuk tahu lebih lanjut cara tepat mencegah penggunaan narkoba pada anak remaja.


Referensi:
BKKBN. Diakses pada 2023. Strategi Sederhana Pencegahan Penggunaan Narkoba Melalui Keluarga.
BNN. Diakses pada 2023. Pencegahan Penyalahgunaan Napza.
BNN. Diakses pada 2023. Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat.
The Partnership for a Drug-Free New Hampshire. Diakses pada 2023. 7 ways to protect your child.





How to Prevent Substance Abuse Disorders

"Parents need to know how to prevent drugs in their teenagers. For example by helping to manage children's stress to educating them about the dangers of drugs."
- Parents need to know how to prevent drugs in adolescents. The reason is, teenagers are the most vulnerable group to fall into this negative behavior. 
At this time, children's curiosity is very great to try new things. That's why, parents need to supervise, pay more attention, and direct children to positive things. Come on, see the right steps to prevent drug abuse in the following teenagers! 

How to Prevent Drugs

Here are a number of ways to prevent drug abuse in adolescents:

1. Don't be tempted by friends' invitations

Association can be the biggest factor in drug abuse. Therefore, the way to prevent drugs that parents can do is knowing who their children hang out with. If peers tend to behave negatively, you should start advising children not to be tempted by their friend's invitation. Mothers can invite children to find out how to prevent it

2. Help children to manage stress well

Not only adults, teenagers are also prone to stress. Many things can trigger stress in children. Starting from school assignments, relationships, and biological changes experienced by children during the transition from adolescence to adulthood. 
Here, monitoring is really needed by teenagers so they don't release their stress by tasting drugs. One of the right ways is to invite him to talk about the complaints that the child is facing. Talk carefully and don't seem judgmental so that children can be more open. 

3. Get professional help

If the stress experienced by children is getting worse and even leading to signs of depression, don't hesitate to ask for professional help. Parents can invite children to see a psychologist or psychiatrist. They can help deal with mental health disorders that affect children. 

4. Avoid drinking alcohol

Alcohol and substance abuse often go hand in hand. Someone who consumes alcohol tends to be impulsive so they are easily tempted by drugs. 
It's best not to drink alcohol in the presence of children. Be a good example for them. Give understanding to them what the dangers of consuming alcohol and drugs. 

5. Make children more confident

In fact, not a few people who use drugs because they are often not confident. They feel unhappy and useless in their life. Therefore, one of the ways to prevent drugs according to BNN is to increase self-confidence. 
Parents can help children to improve their appearance, encourage them to do hobbies they like and encourage them to make friends. 

6. Practice relaxation techniques

Relaxation techniques can be an instant way to temporarily relieve stress. This method is proven to calm the mind and mind. Unfortunately, today's younger generation doesn't do it and prefer to do things that are risky. 
Parents can direct their children to start practicing relaxation techniques as a way of preventing drugs. This activity can be done in the morning or evening. 

7. Record in a journal

If children tend to be shy about expressing their feelings, parents can encourage them to write a journal. They can pour out their hearts and plans for life in the future. 

8. Exercise regularly

Exercise has a myriad of health benefits, both physically and mentally. The reason is, this activity is proven to produce various happy hormones, such as endorphins, dopamine, adrenaline, and endocannabinoids. 
That way, stress, anxiety and depression can be avoided. Start encouraging children to exercise regularly as a way to prevent drugs. 

9. Educate children about the dangers of drugs

Start educating children about the dangers of drugs as early as possible. This is very important to do as a way to prevent drugs. Give them an explanation of what drugs are, the types of drugs and the effects that arise when using drugs. Do not stop there, also tell about drug law in Indonesia
In Indonesia itself, drugs are illegal goods and users can be subject to legal sanctions. Law Number 35 of 2009 states that users and dealers can be jailed for a minimum of 4 years and a maximum fine of 10 billion. In fact, the most severe consequence is the death penalty. 
Parents can also suggest teachers at school to hold socialization about drugs. To find out more. 

10. Strengthen the relationship between parents and children

Not a few parents who actually are not close to their children. In the midst of busy fathers and mothers, it is better to continue to strengthen relations with children. Make time to spend time with the kids or just chatting in between dinners
Don't forget to give praise and appreciation for every child's choice. Position yourself as a friend and friend so that children are comfortable and more open with parents. 

Impact of Drug Abuse

Knowing the impact of drug abuse also includes ways to prevent drugs in adolescents. So, here are a series of negative effects of drugs that can target the physical and mental:

1. Reduces brain function

Drug use too often or in the long term can reduce brain function. The reason is, this illegal drug forces the brain to work faster than its capacity. Not only that, drugs can also depress the central nervous system to cause a calming effect. 
These brain cell changes then disrupt communication between nerve cells so that the brain can be permanently damaged. Even though you have stopped using it, the effect does not easily disappear. 
The healing process can take quite a long time. In fact, the effects of drug addiction can last a lifetime. 

2. Dehydration

Someone who uses drugs is also prone to experiencing electrolyte imbalances. As a result, they are very susceptible to dehydration. 
Symptoms of drug-induced dehydration can include chest pain, hallucinations, seizures and hallucinations. If left without treatment, these effects can damage the brain. 

3. Memory problems

One of the most obvious effects of drugs is memory problems. In fact, this drug can reduce consciousness to the point of memory loss. 
The reason is that drugs have a sedative effect, causing symptoms such as confusion, memory loss, behavior changes, decreased consciousness and impaired body coordination. 

4. Lowering the quality of life

As a result of the above effects, the quality of life of drug users can of course decrease. After falling into the abyss of drugs, the wearer will continue to be addicted to increase the dose. 
If not fulfilled, they can even be desperate to steal to satisfy their desires. This action is of course against the law so that the wearer gets sanctions such as imprisonment. 

5. Death

The most fatal impact of using drugs is death. The risk increases when the wearer consumes it in excessive levels. If the body is unable to tolerate this very high level of sausage, the sufferer can experience an overdose. 
Symptoms of drug overdose include convulsions, foaming at the mouth, and upturned eyeballs. 
That's information about drug prevention and its impact. Do the tips above as a way to prevent drugs in teenagers. Mothers and fathers can also contact a psychologist or psychiatrist to find out more about the right ways to prevent drug use in teenagers. 

Reference:

BKKBN. Accessed in 2023. Simple Strategies for Prevention of Drug Use Through the Family. 

BNN. Accessed 2023. Drug Abuse Prevention. 

BNN. Retrieved 2023. Narcotics Use Among Adolescents Increases. 

The Partnership for a Drug-Free New Hampshire. Retrieved 2023. 7 ways to protect your child. 

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال