Pernahkah Anda mendengar tentang PCOS?

Pernahkah Anda mendengar tentang PCOS? 




PCOS itu merupakan sebuah penyakit yang berhubungan dengan hormon yang biasanya terjadi pada wanita usia subur. Mungkin Anda jarang mendengar penyakit ini, namun penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Gara-gara penyakit ini, mungkin bisa saja Anda menjadi sulit hamil. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit ini, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Apa itu PCOS?
Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan sindrom ovarium polikistik adalah masalah pada keseimbangan hormon wanita. Pada PCOS, kadar hormon seks wanita, yaitu hormon estrogen dan hormon progesteron tidak seimbang. Wanita dengan PCOS biasanya memiliki kista kecil (kantong berisi cairan) di ovariumnya, yang membuat ovarium membesar. Kista ini tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Perubahan pada satu hormon dapat memicu hormon lainnya, sehingga terjadi perubahan lain.

Karena ketidakseimbangan hormon yang dimilikinya, wanita dengan PCOS dapat mengalami periode menstruasi yang tidak teratur. Ketidakteraturan periode menstruasi inilah yang dapat menyebabkan wanita dengan PCOS sulit hamil. Selain dapat menyebabkan periode menstruasi tidak teratur, PCOS juga dapat menyebabkan pertumbuhan rambut berlebih, jerawat, dan obesitas. Jika PCOS tidak diobati, lama-kelamaan juga dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius, seperti diabetes mellitus tipe 2 dan penyakit jantung.

Apa saja penyebab PCOS?
Sampai saat ini, belum ada yang mengetahui dengan pasti apa yang dapat menyebabkan sindrom ovarium polikistik. Mungkin faktor-faktor ini dapat menyebabkan sindrom ovarium polikistik:

1. Keturunan
Ini merupakan faktor yang paling mungkin menyebabkan Anda dapat menderita PCOS. Jika ibu atau saudara perempuan memiliki PCOS, Anda mungkin memiliki kesempatan lebih besar untuk terkena PCOS. Adapula yang mengatakan bahwa PCOS dapat diturunkan dari sisi keluarga ibu maupun ayah.

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال