PENYEBAB TERJADINYA BO ATAU KEHAMILAN KOSONG

PENYEBAB TERJADINYA BO ATAU KEHAMILAN KOSONG


Blighted ovum (BO) atau disebut kehamilan kosong. Terjadi ketika sel telur berhasil dibuahi namun tidak berkembang menjadi embrio. Sel tetap membentuk kantung janin (gestational sac) namun konsepsi (pembuahan) tidak berkembang menjadi sebuah embrio. Hasil konsepsi akan terus tertanam di dalam rahim dan memberikan sinyal kepada otak bahwa terdapat konsepsi di dalam rahim sehingga hormon kehamilan tetap akan dihasilkan dan kehamilan akan terus berkembang menjadi kehamilan biasa, ibu hamil merasa benar – benar hamil dengan ditambah adanya hasil test pack yang positif.

Penyebab BO sampai saat ini belum diketahui dengan pasti, namun ada beberapa penyebab. Yaitu kelainan kromosom dalam proses pembuahan sel telur dan sperma. Tubuh akan mengenali kelainan kromosom pada fetus dan secara otomatis mengakhiri kehamilan karena mengetahui janin tidak akan berkembang menjadi bayi yang sehat. Kelainan kromosom bisa disebabkan oleh buruknya kualitas sperma atau sel telur dan pembelahan sel yang abnormal. Adanya infeksi TORCH, ACA (Anticardiolipin) positif.

Bisakah BO berulang di kehamilan berikutnya?

Bisa saja terjadi, oleh karena itu yang dapat Anda lakukan adalah mempersiapkan kehamilan secara sehat, menjalankan hidup sehat baik untuk istri dan suami, melakukan pemeriksaan kromosom, melakukan pemeriksaan kehamilan (Antenatal Care) secara rutin. 

Berapa lama saya boleh hamil lagi pasca kuret?

Rekomedasi boleh hamil lagi adalah sekitar 4-6 minggu setelah keguguran atau kurtase terjadi. Penelitian oleh Scottish study pada 30.000 wanita menerangkan bahwa wanita yang mengalami kehamilan dalam jarak waktu enam bulan setelah keguguran mempunyai kesempatan memiliki kehamilan yang sangat sehat dan baik.

Pengobatan dini dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit dan membantu mengatasi keluhan-keluhan yang timbul. Hindarilah kontak fisik dengan pasangan selama timbul kekambuhan dari infeksi TORCH

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال