4 Tanda Anda Mengalami Ketidakseimbangan Hormon

4 Tanda Anda Mengalami Ketidak seimbangan hormon




Ini tanda-tanda Anda mengalami ketidakseimbangan hormon.

Apakah Anda kerap mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, atau sering kelelahan? Jika ya, maka ini saatnya bagi Anda untuk berkonsultasi ke dokter.


Masalah-masalah seperti depresi, kelelahan ekstrem, menstruasi tidak teratur, kerap kali diabaikan. Padahal ini bisa jadi pertanda bahwa Anda mengalami ketidakseimbangan hormon. Hormon merupakan sekresi dari kelenjar endokrin yang mengontrol semua aktivitas kita, mulai dari rasa lapar, tidur, siklus menstruasi hingga sistem reproduksi.


Kesadaran tentang penyebab dari ketidakseimbangan hormon dapat membantu Anda mencegah terjadinya masalah ini pada tubuh Anda. Anda juga harus mengenali tanda-tanda bahwa Anda mengalami ketidakseimbangan hormon, agar Anda bisa segera mengatasinya.


Hot flashes

Hot flashes merupakan gejala menopause yang ditandai dengan perubahan warna pada wajah dan kulit tubuh yang menjadi kemerahan dan terasa hangat, berkeringat, dan terjadi kesemutan pada jari-jari. Diperlukan konsumsi obat tertentu untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan hot flashes.


Rambut rontok

Ini merupakan masalah besar yang hampir dialami oleh setiap wanita dan pria. Jika kerontokan pada rambut sudah mulai terasa sangat parah, cobalah untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter. Ketidakseimbangan hormon bisa menjadi salah satu alasan di balik masalah ini, dan produk kecantikan tidak dapat menyelesaikannya. Dibutuhkan perawatan medis yang tepat untuk mengatasi rambut rontok akibat ketidakseimbangan hormon.


Menstruasi tidak teratur

Menstruasi merupakan satu hal yang harus dihadapi para wanita setiap bulannya. Sayangnya, beberapa wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur dan tak jarang juga hingga menyebabkan masalah lain seperti pembentukan kista. Pertimbangkan untuk mengonsultasikan hal ini ke ginekolog agar Anda bisa mengetahui kondisi tubuh Anda yang sebenarnya dan mendapatkan perawatan yang tepat.


Gangguan tidur

Kesulitan tidur di malam hari merupakan salah satu masalah yang kerap dialami kebanyakan orang saat ini. Dalam istilah medis, kondisi seperti ini biasanya disebut insomnia. Namun, alasan mengapa insomnia terjadi bukanlah karena Anda terlalu lama tidur siang, melainkan karena ketidakseimbangan hormon.


Ketidakseimbangan hormon gagal untuk berkomunikasi dengan tubuh saat kapan ia harus tidur dan kapan harus bekerja. Kondisi ini tidak boleh disepelekan dan Anda harus segera menemui dokter untuk mengatasinya.


Layanan

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال