FAKTOR PENYEBAB MENYEMPITNYA SALURAN RAHIM - Bidan Kita

FAKTOR PENYEBAB MENYEMPITNYA SALURAN RAHIM - Bidan Kita






Penyumbatan tuba falopi atau saluran tempat bertemunya sel telur dan sperma. Penyumbatan tuba fallopi dapat menyebabkan kesulitan hamil. Sel telur yang dihasilkan harus melewati saluran ini (tuba fallopi) untuk bisa sampai ke rahim. 

Jika terjadi penyempitan, maka sel telur tidak akan sampai ke rahim dan sperma tidak akan bertemu dengan sel telur (tidak terjadi pembuahan) setelah penetrasi.

Stenosis Serviks atau penyempitan leher rahim. Penyempitan leher rahim adalah suatu kondisi dimana saluran rahim bagian dalam menyempit bahkan tertutup. Kondisi ini dapat memicu terjadinya infeksi karena penimbunan bakteri atau darah dan infertilitas.

Beberapa wanita memang lahir dengan kelainan anatomi ini, namun kondisi ini juga bisa didapat karena beberapa hal sebagai berikut :

1. Kanker
2. Riwayat operasi sel pra kanker rahim
3. Tindakan untuk menghancurkan lapisan rahim (ablasi endometrium) pada wanita yang memilki riwayat perdarahan vagina
4. Terapi radiasi untuk menanggulangi kanker di dinding rahim
5. Menopouse, karena menipisnya jaringan rahim


Penyumbatan Tuba Fallopi
Penyumbatan saluran tuba falopi adalah salah satu bagian dari organ kewanitaan. Bentuknya silinder atau mirip tabung dengan diameter yang sangat kecil dan panjang berkisar antara 7 hingga 14 cm. tuba falopi ini menghubungkan antara ovarium dengan uterus.

Fungsi utama tuba falopi ini adalah menyalurkan sel telur atau ovum dari ovarium ke dinding rahim. Pada saat ovum matang, ovarium akan luruh sehingga ovum berpindah ke tuba falopi. Dalam tuba falopi terdapat silia yang menyapu ovum kea arah dinding rahim. Selanjutnya, ovum akan menempel di dinding rahim untuk berkembang menjadi janin.

Sumbatan Tuba Falopi
Tuba falopi seharusnya berbentuk saluran. Namun, terkadang ada kelainan yang terjadi sehingga menyebabkan tuba tertutup atau melekat. Tuba falopi yang tersumbat tersebut bisa menjadi salah satu factor seorang wanita susah mendapatkan keturunan. Nah, apabila Anda atau saudara sulit mendapatkan keturunan meskipun menstruasi lancar bisa jadi terjadi penyumbatan tuba.

Penyumbatan tuba falopi disebabkan oleh berbagai factor seperti kanker, tumor, atau penyakit infeksi. Endometriosis (infeksi dinding rahim) dan infeksi tuba biasanya menjadi penyebab utama perlekatan tuba. Selain itu, ada pula infeksi radang panggul yang meninggalkan jaringan parut sehingga tuba tertutup.

Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami sumbatan tuba diperlukan foto rongent khusus, yaitu dengan memasukkan zat kimia tertentu pada bagian dalam rahim dan saluran telur untuk memperjelas gambaran foto rontgen.
Pemeriksaan ini disebut sebagai histerosalpingografi (HSG). Bila dari foto rongent terlihat saluran menuju ovarium berarti tuba falopi dalam keadaan baik. Sebaliknya, bila cairan tersebut tidak mampu menembus ovarium berarti ada sumbatan tuba.
Penyumbatan tuba falopi disebabkan oleh berbagai factor seperti kanker, tumor, atau penyakit infeksi. Endometriosis (infeksi dinding rahim) dan infeksi tuba biasanya menjadi penyebab utama perlekatan tuba. Selain itu, ada pula infeksi radang panggul yang meninggalkan jaringan parut sehingga tuba tertutup. Ciri" wanita dgn kasus penyumbatan saluran tuba adalah: Nyeri pada perut kanan/kiri, bahkan keduanya. Sakit pinggang yang berlebihan & tak tertahankan. Demam & menggigil, biasanya waktu haid. Mual & muntah. Keputihan yang tidak normal, gatal, berbau, & berubah warna kekuningan. Nyeri saat berhubungan badan.

Penyumbatan Tuba Fallopi sekiranya merupakan 25 faktor penyebab infertilitas pada wanita. Penyebab sumbatan diantaranya terjadi akibat perlengketan antara dinding saluran. Pemicu perlengketan ini bermacam-macam, namun yang paling umum ialah infeksi pada saluran tuba atau radang panggul.

GEJALA UMUM Gejala yang terjadi tergantung pada keparahan sumbatan itu sendiri, baik itu akut maupun kronis gejala akan dirasakan berbeda pada setiap individu. Berikut beberapa ciri dan gejala umum penyumbatan pada saluran tuba falopi :
* Keluar cairan-cairan abnormal dari vagina
*.Tidak nyaman dan rasa sakit selama hubungan intim. Inibiasanya yang disertai dengan erosi atau perlengketan serviks
* Sering buang air kecil. Umumnya mereka yang memiliki sumbatan tuba akibat adhesi atau lengket
* Perasaan gelisah, mual dan muntah. Akibat infeksi kronik pada panggul (PID)
* Demam dan sakit kepala serius (Infeksi)
* Nyeri saat menstruasi (Akibat endometriosis)
* Sakit perut parah di kedua sisi, terutama di daerah perut bagian bawah (Adanya adnexitis atau hidrosalping)
* Nyeri punggung.

Ramuan Alami Untuk Mengobati Tuba Fallopi Hidrosalping Rokemendasi Zaidul Akbar

Bahan
1. 1-2 kunyit ukuran sejempol dewasa ( boleh Pake bubuk 1 sdt )
2. Seujung sendok teh lada hitam ( bubuk ) kalo gak Ada bubuk pake yg bulet trus Ditumbuk/blender
3. Madu secukupnya
4. Air 300 ml

Caranya
Kunyit diparut/diiris tipis lalu
Seduh dgn Air panas, diamkan hingga
Hangat kasih madu & lada hitam

Minum 1-2 kali sehari min 10 menit Sebelum makan


Cara Mengobati Tuba Falopi Yang Tersumbat

 – Tuba falopi atau saluran indung telur adalah salah satu anatomi manusia dalam tubuh seorang perempuan. Tuba falopi ini memiliki peranan yang sangat penting dalam seseorang memperoleh kehamilan, dimana pada saat sel telur yang dilepaskan dari salah satu indung telur (proses ovulasi) perempuan, sel telur tersebut akan berjalan melewati tuba falopi menuju uterus (rahim).
Selama perjalanan menuju uterus tersebut harus ada sperma dari pria yang akan bergabung dengan sel telur (proses pembuahan). Sel telur yang telah dibuahi akan menempel ke bagian dalam uterus (proses implatansi) dan menghasilkan kehamilan. Nah, jika tuba falopi mengalami gangguan atau masalah seperti penyumbatan, maka proses pembuahan tidak akan terjadi dan akan mengalami infertilitas (sulit memperoleh kehamilan).

Faktor penyebab terjadinya penyimbatan tuba falopi
Penyebab sumbatan tuba falopi yang sering dijumpai adalah karena infeksi. Jika penyebabnya adalah infeksi, akan mempunyai prognosis yang lebih buruk dibandingkan sumbatan yang disebabkan oleh faktor endometriosis, karena pada infeksi biasanya yang terjadi tidak hanya penyumbatan akibat perlekatan, tetapi juga rusaknya lapisan bagian dalam saluran telur yang akan mempengaruhi pergerakan sel telur, sperma, maupun calon embrio kelak.

Faktor lain yang menjadi penyebab tersumbatnya tuba falopi adalah : endometriosis, penyakit radang panggul, pembedahan (operasi) rongga perut ataupun ronggal panggul yang menyebabkan terbentuknya jaringan parut yang mempengaruhi saluran tuba, hamil di luar kandungan, dan kanker pada saluran telur.

Pengobatan
Pengobatan tuba falopi yang tersumbat paling ampuh, manjur, mujarab dan aman serta tepat mengatasi dan mengobati penyumbatan tuba falopi salah satunya adalah pengobatan tuba falopi tersumbat secara alami menggunakan ramuan herbal penuh khasiat yakni Ace Maxs obat herbal untuk tuba falopi tersumbat. Obat herbal Ace Maxs ini sangat tepat, cocok dan efektif dipilih untuk dikonsumsi dalam pengobatan alternatif tuba falopi yang tersumbat, karena pada obat herbal Ace Maxs ini terdapat kandungan yang berkhasiat untuk mengatasi dan mengobati penyumbatan tuba falopi.

Ace Maxs dibuat dari 100% bahan alami dengan memadukan kulit manggis dan daun sirsak yang disokong oleh bahan alami lainnya seperti anggur, apel, madu dan bunga rosella hitam. Pada kulit manggis terdapat suatu zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan berkhasiat untuk pengobatan penyakit yaitu zat XANTHONE, yang berkhasiat sebagai antioksidan dengan kekuatannya yang melebihi dari kekuatan vitamin C dan E. Antioksidan tersebut mampu menangkal radikal bebas dan mengeluarkan racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

Selain itu, yang paling penting adalah XANTHONE pada kulit manggis juga berkhasiat sebagai antibakteri dan antivirus yang mampu membasmi bakteri dan virus yang dapat menyebabkan infeksi tuba falopi hingga menyebabkan penyumbatan tuba falopi, sehingga kandungannya pada Ace Maxs obat untuk mengatasi penyumbatan tuba falopi, membuat Ace Maxs bekerja efektif mengatasi dan mengobati penyumbatan tuba falopi.

Layanan

*🤍SEMOGA BERMANFAAT 🤍*

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال