"EKTOPIK" HAMIL DI LUAR RAHIM, PERNAKAH ANDA MENGALAMINYA?


"EKTOPIK" HAMIL DI LUAR RAHIM, PERNAKAH ANDA MENGALAMINYA?



Salah satu penyebab kehamilan ektopik yang paling umum terjadi adalah kerusakan tuba falopi, misalnya karena proses peradangan atau inflamasi. 

Kerusakan ini akan menghalangi sel telur yang telah dibuahi untuk masuk ke rahim sehingga akhirnya menempel dalam tuba falopi itu sendiri atau organ lain.

Di samping itu, kadar hormon yang tidak seimbang atau perkembangan abnormal pada sel
Faktor Risiko Kehamilan Ektopik
Terdapat sejumlah faktor yang diduga dapat memicu kehamilan ektopik. 

➙Faktor-faktor risiko tersebut meliputi:

📎Pilihan alat kontrasepsi. Penggunaan alat kontrasepsi jenis spiral atau intrauterine device (IUD) bertujuan untuk mencegah kehamilan. Namun apabila kehamilan tetap terjadi, kemungkinan besar kehamilan ini bersifat ektopik.

📎Pernah mengalami kehamilan ektopik sebelumnya. Wanita yang pernah mengalami kondisi ini memiliki risiko lebih tinggi untuk kembali mengalaminya.

📎Mengidap infeksi atau inflamasi. Wanita yang pernah mengalami inflamasi tuba falopi atau penyakit radang panggul akibat penyakit seksual menular, seperti gonore atau chlamydia (klamidia), memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kehamilan ektopik.

📎Masalah kesuburan dan pengobatannya terkadang dapat memicu kehamilan ektopik.
Proses sterilisasi dan sebaliknya. 

📎???Prosedur pengikatan tuba atau pembukaan ikatan tuba yang kurang sempurna juga berisiko memicu kehamilan ektopik. telur yang sudah dibuahi terkadang dapat berperan sebagai pemicu.


Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال