Tips Rahasia Panjang Umur Untuk Penderita Diabetes

Tips Rahasia Panjang Umur Untuk Penderita Diabetes



Pola hidup masyarakat yang cenderung tidak sehat dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan tinggi lemak dan tidak diiringi dengan aktivitas fisik bisa menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit, salah satunya diabetes. Tak heran bila angka penyandang diabetes (diabetesi) di Indonesia terus meningkat setiap tahun. Menurut data Internasional Diabetes Federal (IDF) Diabetes Atlas satu dari 11 orang dewasa di seluruh dunia hidup dengan diabetes. Angka tersebut meningkat 48% pada 2045 menjadi 629 juta jiwa. Pada 2015 Indonesia menempati peringkat ke-7 di dunia untuk prevalensi penyandang diabetes tertinggi. Pada 2017, peringkat Indonesia naik menjadi ke-6. Angka penyandangnya diperkirakan lebih dari 10 juta orang. Sayangnya, banyak masyarakat yang tidak menyadari bahwa dirinya menyandang diabetes.

Setidaknya, 2 dari 3 orang yang terdiagnosis, tidak mengetahui dirinya menyandang diabetes. Bahkan, sebagian besar mengakses layanan kesehatan dalam kondisi terlambat atau sudah mengalami komplikasi.

Terdiagnosa menderita diabetes adalah sebuah realita buruk yang tentunya tidak diinginkan oleh siapa pun. Hidup akan berubah total. Kebahagiaan seakan sirna begitu saja. Akan tetapi menderita penyakit diabetes bukanlah akhir dunia. Jika Anda mengalaminya, Anda akan tahu masih ada kesempatan untuk membuat hidup Anda lebih berarti. Atau lebih sederhananya lagi, Anda masih memiliki kesempatan untuk berumur panjang. Inilah tips panjang umur untuk penderita diabetes.

Menerapkan Pola Makan yang Tepat

Penderita diabetes membutuhkan pola makan yang berbeda dengan orang normal. Pola makan ini biasa dikenal dengan sebutan 3T, yakni tepat jenis, tepat jumlah dan tepat jadwal. Mengurangi makanan manis, konsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan harian dan makan tepat waktu. Dengan cara ini, gula darah akan terjaga.

Minum Obat Secara Teratur

Untuk membantu mengontrol gula darah, penderita diabetes biasanya diharuskan untuk minum obat. Metformin adalah jenis obat yang paling sering diberikan. Dalam kasus yang lebih serius, suntik insulin bisa saja dibutuhkan. Apapun obat yang diwajibkan untuk Anda, minum secara teratur. Hal ini akan menjauhkan Anda dari risiko terburuk penyakit diabetes.

Konsumsi Antioksidan Lebih Banyak

Antioksidan dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Penderita diabetes juga membutuhkannya untuk meningkatkan harapan hidupnya. Jika Anda ingin hidup lebih panjang dan berkualitas, asupan yang satu ini tidak boleh absen. Anda bisa memperolehnya dari beberapa sumber makanan seperti brokoli, bayam, jeruk, anggur dan buah bit.

Olahraga Teratur

Penderita diabetes memang tidak bisa berolahraga sebebas orang normal. Hanya olahraga-olahraga yang tidak terlalu memberatkan tubuh saja yang diperbolehkan. Sebelum berolahraga pun Anda harus memeriksa kadar gula darah terlebih dahulu. Pastikan untuk berolahraga saat gula darah sedang berada di angka normal.

Dengan menerapkan gaya hidup yang sesuai, Anda bisa menikmati hidup yang lebih baik. Hidup jauh dari diabetes dan risiko-risiko terburuknya. Semua itu tentu tidak akan berhasil tanpa komitmen yang kuat. Untuk membantu mengontrol gula darah, ada baiknya juga mengonsumsi susu diabetes. Dengan Susu Diabetasol, gula darah akan lebih terjaga.


Salam,

Post a Comment

Konsultasi Bidan Kita

Previous Next

نموذج الاتصال